Sembako Mahasiswa Mentawai di Padang Terancam

  • Bagikan
Ketua Forum Mahasiswa Mentawai, Eko Zebua mengungkapkan soal sembako mahasiswa Mentawai di Padang yang terancam terputus. (Foto: Istimewa)

Padang | Datiak.com – Sembako mahasiswa dari Kabupaten Kepulauan Mentawai yang kini berada di Padang terancam terputus. Pasalnya, orangtua mereka tidak dapat lagi mengirim bahan makanan dari Bumi Sikerei tersebut. Hal itu diungkapkan Ketua Forum Mahasiswa Mentawai, Eko Zebua, kepada Datiak.com, Kamis (2/4) malam.

“Sekarang kapal tidak bisa lagi mengirim barang dari Mentawai. Kalau barang seperti kebutuhan pokok untuk dikirim ke Mentawai masih bisa,” ujar Eko via telepon pribadinya.

Kondisi itu, katanya membuat panik mahasiswa Mentawai yang kini berada di berbagai daerah di Sumbar. Terlebih para mahasiswa yang cadangan keuangannya sudah habis.

“Sejauh ini, jumlah teman-teman mahasiswa yang sudah kami data sebanyak 169 orang. Kami rasa masih sangat banyak lagi. Mungkin akan bertambah ketika mereka sudah mulai merasakan kendala pasokan kebutuhan pokoknya,” ungkap Eko.

BACA JUGA:  Kawasan Asrama Haji Padangpariaman jadi Objek Investasi

Untuk mengatasi hal tersebut, mereka harus melakukan gerakan sosial melalui organisasi terbesar milik mahasiswa Mentawai tersebut. Yakni dengan menyebar selebaran dan menggalang bantuan. “Kami juga sudah menghubungi pegiat sosial di sejumlah tokoh. Kini kami masih menunggu respon mereka,” ujar.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa dominan keluarga para mahasiswa Mentawai di kampung halaman, kini juga mengalami kesulitan ekonomi. Sehingga, mereka juga sulit mengirimkan uang kepada anak-anaknya.

“Kalau mengharapkan kiriman dari kampung saat ini pasti sulit. Sebab keluarga kita juga hidup dari bantuan pemda karena karantina lokal,” ungkapnya.

Untuk itu, Eko sangat berharap dukungan dari berbagai pihak untuk membantu permasalahan mahasiswa Mentawai tersebut. Hal itu katanya bisa dilakukan dengan berdonasi ke rekening 2110.0210.12504-0 (Bank Nagari) atas nama Yeefshanthinust.

BACA JUGA:  2 Sektor Perekonomian Padangpariaman Menggeliat

“Dermawan yang ingin menyerahkan bantuan sembako mahasiswa bisa menghubungi via WhatsApp Yeefshanthinust atau Laurensius Sakailoat. Posko donasi kami di Jl. Bengkuang I No. 03, Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang,” pungkasnya.

Seperti diketahui, untuk mencegah terdampak pandemi Covid-19 atau virus corona, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai memutuskan untuk melakukan karantina lokal selama 14 hari, yang dimulai sejak 31 Maret 2020. Sehingga, kini kapal yang bisa berlayar dari Padang ke Mentawai atau sebaliknya, tidak diizinkan lagi untuk mengangkut penumpang. Sedangkan untuk mengangkut barang, Pemkab Mentawai masih memperbolehkan. (da.)

  • Bagikan