Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Seleksi Sekdakab Solsel 2021, Akademisi Raih Nilai Tertinggi

  • Bagikan
Seleksi Sekdakab Solsel 2021
Hasil akhir Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekdakab Solsel sudah diumumkan. Sekarang, tiga besar calon menunggu keputusan bupati. (Ilustrasi: Tim Datiak.com)

Solok Selatan | Datiak.com – Seleksi Sekdakab Solsel 2021 ini tinggal menunggu keputusan akhir. Yakni penetapan sekdakab terpilih. Pasalnya, panitia seleksi (pansel) sudah mengumumkan tiga calon terbaik pada Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Solsel.

Pengumuman itu dimuat dalam Surat Nomor; 800/24/VIII/PANSEL-2021, yang ditandatangani oleh anggota pansel Devi Kurnia, tanggal 2 Agustus 2021. Namun, apabila dilihat isi surat tersebut, sudah tergambarkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menempati nilai tertinggi.

Dialah Syamsurizaldi. Akademisi yang menjabat lektor di Universitas Andalas (Unand) ini, memperoleh nilai terbilang jauh di atas kompetitornya, yaitu 90,35. Sedangkan posisi kedua ditempati Efi Yandri yang kini menjabat Kepala Disdukcapil Solok Selatan, dengan nilai 86,89. Terakhir yaitu Kepala BPKD Solok Selatan, Irwanesa, dengan nilai 84,13.

BACA JUGA:  Wakil Ketua DPRD Padang Kurang Enak Badan Dipanggil Polisi

“Tiga nama (kandidat hasil Seleksi Sekdakab Solsel 2021, Red) ini, sudah di tangan Bupati Solsel dan segera dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN),” kata Plt. Kepala Badan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Solol Selatan Putra Nusa, Kamis (5/8/2021).

Pihaknya juga sudah melaporkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Gubernur untuk mendapatkan persetujuan atau izin pengangkatan dan pelantikan. Persetujuan Kemendagri karena Solok Selatan masih dalam klausul 6 bulan setelah Pilkada.

Soal kewenangan untuk memilih satu dari tiga nama yang lolos seleksi adalah bupati. “Kita bersifat menyeleksi yang menentukan bupati, mana yang lebih cocok dari tiga kandidat terbaik itu,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Syamsurizaldi yang merupakan dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Polik (Fisip) Unand juga Koordinator Program S2 Unand itu mengatakan, siap menjalankan amanah dengan sebaikbaiknya jika dipilih Bupati Solsel.

BACA JUGA:  Optimalkan Pengawasan, Masih Ada 21 PDP Diperiksa

Sebab tahapan seleksi terbuka jabatan Pimpinan Tinggi Pratama telah selesai diikutinya. “Sebagai putra daerah, jika saya terpilih, saya siap untuk mengabdi dengan baik dan berkabolorasi dalam menyukseskan visi misi Bupati Khairunas dan Wabup Yulian Efi,” bebernya.

Kriteria Seleksi Sekdakab Solsel 2021 ditetapkan Pansel dan Tim penguji. Mulai dari administrasi, track record, asesmen psikologi dengan melihat kompetensi yang ada, makalah dan tes wawancara sudah dijalani bersama calon lainnya. Yakni Irwanesa dan Efi Yandri yang juga masuk tiga terbaik.

Jika Terpilih dari Seleksi Sekdakab Solsel 2021

Jika terpilih nantinya sebagai Sekdakab Solsel, Syamsurizaldi akan membenahi sisi manajemen di Pemkab Solsel dengan baik dalam mensukseskan program unggulan kepala daerah. Mengkaji Sumber Daya Manusia (SDM) yang merupakan potensi cukup bagus dimiliki ASN, harus dimaksimalkan pengelolaan pengetahuan dan sikap dengan baik.

BACA JUGA:  1 Positif Corona di Mentawai Sembuh, Kapan Boleh Pulang?

Tak kalah penting disiplin bekerja sertabekerja memberi berprestasi di setiap bidang pembangunan. Baik pendidikan, pariwisata, pertanian, perikanan, dan lainnya di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Solsel.

“Dalam penjaringan (seleksi Seleksi Sekdakab Solsel 2021, Red), tentu harapan saya bisa lolos dan memenuhi syarat. Sehingga, saya bisa membantu menyukseskan program kepala daerah sesuai visi misi yang sedang dijalankan,” tuturnya. (da.)


Temukan berita Solok Selatan hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan