Sekolah Tatap Muka Desember, 700 Guru Ikut Swab Massal

  • Bagikan
Pelaksanaan tes swab massal guru di Payakumbuh. (Foto: Istimewa)

Payakumbuh | Datiak.com – Sekitar 700 orang dari tingkat PAUD, SD hingga SMP di Kota Payakumbuh mengikuti tes swab massal, Senin (13/7) sampai Rabu (15/7) besok. Tes itu bentuk persiapan mamasuki pembelajaran tatap muka, atau masuk sekolah yang direncanakan Desember 2020.

Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh AH Agustion menyebut, pelasanaan tes swab massal guru tersebut dilakukan untuk mengurangi kecemasan masyarakat. Jadi, apabila pembelajaran tatap muka atau masuk sekolah dimulai, masyarakat tidak merasakan khawatir.

“Walaupun siswa belum boleh masuk ke sekolah, selama ini kan guru tidak diliburkan. Mereka tetap ke sekolah menyiapkan bahan belajar. Makanya, swab massal guru dan kepala sekolah mereka perlu dilakukan,” ujar AH Agustion.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh Bakhrizal mengatakan, selain melakukan tes swab massal, Gugus Tugas Percepatan Penanangan Covid-19 Payakumbuh terus melihat kondisi dan perkembangan Covid-19 di wilayah tetangga. Sebab, hal itu menjadi penentu langkah yang akan diambil Pemko Payakumbuh ke depannya.

Menyangkut swab swab missal di Payakumbuh, katanya juga menjadi salah satu dasar kebijakan selanjutnya, termasuk menyangkut kelanjutan kebijakan di tingkat pendidikan. “Kami akan tetap mengikuti arahan provinsi,” katanya.

Midarlen, salah seorang guru yang mengikuti tes swab merasa sangat beruntung. Sebab ia baru pertama kali bisa mengikuti tes itu. Sehingga, ia bisa mengetahui secara pasti kondisi kesehatannya.

“Kalau saya ikuti tes swab ini secara pribadi, pasti mengeluarkan biaya mahal. Semoga hasilnya semua guru tidak ada yang positif corona, sehingga sekolah bisa dibuka kembali,” harapnya. (da.)

  • Bagikan