Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

“Sehari Menjadi Wali Kota Padang”, Sayembara untuk Anak SD

  • Bagikan
Sehari menjadi Wali Kota Padang 2021
Wali Kota Padang Hendri Septa membuat sayembara berhadiah “Sehari menjadi Wali Kota Padang” untuk pelajar tingkat SD/MI. (Foto: Humas Pemko Padang)

Padang | Datiak.com – Wali Kota Padang Hendri Septa membuat sayembara berhadiah “Sehari menjadi Wali Kota Padang”. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3-AP2KB) Padang, Editiawarman, kemarin (5/8/2021).

Ia menjelaskan bahwa sayembara tersebut diadakan dalam rangka menyemarakkan Hari Anak Nasional, HUT ke-352 Kota Padang dan HUT ke-76 RI. Selain itu, tentunya untuk motivasi dan mengedukasi anak-anak di Kota Padang tentang kepemimpinan.

“Bapak Wali Kota punya ide, di masa pandemi Covid-19 ini perlu banyak upaya untuk membangun motivasi dan optimisme dari anak-anak. Pak Wali Kota berpikir sudah saatnya kita mengenalkan kepemimpinan kepada anakanak sejak dini,” ujar Editiawarman.

Tahun ini, sayembara “Sehari menjadi Wali Kota Padang” dikhususkan hanya untuk murid SD/MI kelas 5 dan kelas 6. Di mana pemenang lomba sayembara ini nantinya pada 17 Agustus akan mengikuti keseharian wali kota dari pagi hingga malam hari.

BACA JUGA:  Beasiswa Hafiz di Padangpariaman Tunggu Dukungan BUMN dan BUMD

“Nanti pemenang sayembara “Sehari menjadi Wali Kota Padang” ini akan dibuatkan pakaiannya (PDU), naik mobil dinas BA 1 A. Malah Pak Wali Kota berkenan menjadi ajudannya,” jelas Editiawarman.

Syarat “Sehari menjadi Wali Kota Padang”

Untuk menjadi wali kota sehari ini, anak-anak harus membuat tulisan dengan tema “Seandainya Hari Ini Saya Menjadi Wali Kota, Apa yang akan Saya Lakukan”. Anak-anak diminta menulis 2 halaman kertas folio bergaris tulisan tangan.

Tulisan tersebut nantinya akan dinilai oleh para juri profesional. Mulai dari sisi isi kontennya, ide atau gagasan tulisan, pemakaian Bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta keindahan tulisan, kebersihan dan unsur lainnya dalam tulisannya.

BACA JUGA:  DAK Bidang Pendidikan dan Kesehatan Tetap Jalan

“Pemenang 10 besar kita adakan Zoom Meeting dengan Bapak Wali Kota. Anak-anak di rumah didampingi orangtua, mereka akan berdialog dengan Bapak Wali Kota dan Ibuk Wali Kota,” tuturnya.

Dalam dialog itu, Wali Kota menggali, memotivasi dan memberikan pencerahan agar anakanak merasakan bagaimana atmosfer berdialog dengan pemimpin. Nanti dinilai dan dipilih satu putra dan satu putri sebagai peserta terbaik.

Direncanakan juga ke-10 peserta itu diundang makan bersama dengan wali kota. Ke-10 nya akan diberi sertifikat dan hadiah. Untuk melaksanakan kegiatan ini, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kemenag.

Dinas Pendidikan menyurati sekolah dan kemudian guru-guru memotivasi anak-anak untuk mengikuti sayembara “Sehari menjadi Wali Kota Padang”. Batas waktu penyerahan tulisan tanggal 10 Agustus. Tulisan dikirim dalam bentuk format Pdf.

BACA JUGA:  Gedung Diklat di Desa Saureinu Dibenahi

Kemudian, pada tanggal 11 Agustus penjurian dan langsung keluar 10 besar peserta terbaik. Kemudian tanggal 13 Agustus Zoom Meeting dengan Wali Kota. Lalu pada tanggal 13 Agustus, juga akan keluar keputusan pemenang lomba sayembara “Sehari menjadi Wali Kota”.

Sementara untuk tim penilai lomba terdiri dari DP3AP2KB Padang, Dinas Pendidikan dan Ruang Anak Dunia (Ruandu). Ia menambahkan, ke depan program ini akan dikembangan untuk pelajar SMP, SMA dan mahasiswa.

“Ini bagian dari salah satu bentuk upaya serius kita dan juga target kita meraih Kota Layak Anak kategori Utama,” harapnya.

Informasi lengkapnya mengenai sayembara “Sehari menjadi Wali Kota” khusus untuk murid SD/MI ini, lanjutnya, bisa dilihat di https://bit.ly/menjadiwakopadang. (da.)


Temukan berita Padang hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan