SatpolPP Padang Sterilkan Trotoar dari PKL dan Parkir Kendaraan

  • Bagikan
Petugas SatpolPP Padang memberikan teguran kepada salah satu pedagang yang berjualan di atas trotoar. (Istimewa)

Padang | Datiak.com – Petugas SatpolPP Padang kembali melakukan sterilisasi sejumlah trotoar jalan utama dari pedagang kaki lima (PKL) dan kendaraan bermotor yang parkir di fasilitas umum, Selasa (30/6). Trotoar yang disterilkan di antaranya Jalan Khatib Sulaiman, Veteran, Perintis Kemerdekaan, Sawahan, dan Jalan Proklamasi.

Jalan tersebut memang sering terjadi kemacetan akibat aktivitas PKL dan oknum masyarakat yang memarkirkan kendaraan di atas trotoar. Sterilisasi itu juga tindak lanjut dari laporan masyarakat.

Kepala SatpolPP Padang Alfiadi mengatakan, akibat aktivitas di atas trotoar, pejalan kaki tidak memiliki ruang untuk berjalan. Padahal, trotoar jalan itu untuk mereka, bukan untuk lapak PKL dan kendaraan yang parkir.

“Dari sterilisasi yang dilakukan itu, hampir rata-rata seluruh trotoar digunakan untuk berdagang dan parkir kendaraan,” ujarnya.

Selain melakukan sterilisasi trotoar, pihaknya juga melakukan penertiban iklan yang dipasang di pohon. Lalu melakukan pengawasan perempatan lampu merah dan U-turn (putar balik arah), guna mengantisipasi tidak adanya anak jalanan, pengemis dan pak ogah.

“Selama penertiban berlangsung, beruntung tidak ada gesekan antara petugas SatpolPP dengan para pedagang dan pengendara. Jadi, sterilisasi berlangsung dengan aman,” ungkapnya.

Untuk sementara, pihaknya hanya melakukan teguran secara persuasif serta humanis kepada masyarakat yang melanggar, dan belum ada tindakan tegas yang diberikan.

“Ke depan jika masih juga melanggar padahal sudah diperingatkan, maka kita akan berikan tindakan tegas. Kita akan laksanakan penertiban bersana tim gabungan seperti Dishub, kepolisian dan TNI sebagai tiga pilar dalam menjaga ketertiban daerah,” tegasnya.

Ia pun berharap ke depan trotoar yang sudah indah dan tertata rapi tidak lagi digunakan oleh PKL maupun untuk parkir kendaraan sehingga trotoar bisa kembali pada fungsi semula yakni tempat pejalan kaki. (da.)

  • Bagikan