Saking Akrab, Anak Panti Asuhan Anggap Ali Mukhni Ayah

  • Bagikan
Anak Panti Asuhan Muhammadiyah di Kuraitaji tampak terharu ketika dikunjungi oleh Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni. (Foto: Humas)

Padangpariaman | Datiak.com – Anak Panti Asuhan Muhammadiyah Kuraitaji begitu antusias dan bahagia menyambut kedatangan Bupati Kabupaten Padangpariaman, Ali Mukhni. Sebab, mereka sudah menganggap Ali Mukhni seperti ayah sendiri. Hal itu lantaran mereka selalu diberikan perhatian oleh Ali Mukhni.

“Anak-anakku, ayah ke sini karena taragak basuo (kangen). Alhamdulillah, walau pandemi Covid-19, kita semua diberi kesehatan oleh Allah SWT. Aamin,” Ali Mukhni tersenyum bahagia.

Pada kesempatan itu, Ali Mukhni juga memotivasi anak-anak di panti tersebut agar memiliki impian dan cita-cita yang tinggi. Meski tinggal di panti asuhan, menurutnya semangat belajar tidak boleh kendor.

“Anak-anak sekalian jangan menyerah dan patah semangat. Teruslah belajar, karena anak-anak ayah semuanya berpeluang menjadi orang-orang sukses. Ayah doakan, semoga dari sini, lahir generasi emas bangsa Indonesia di masa yang akan datang,” ujar Bupati Peraih Satya Lencana Kebakhtian Sosial itu.

BACA JUGA:  Tim Pengabdian UNP Ajarkan Media Pembelajaran 3D

Setelah bercengkarama, Ali Mukhni serahkan infak sejumlah uang. Namun, baginya itu bukanlah bantuan tetapi kewajibannya sebagai pemimpin dan “ayah” bagi anak-anak di panti asuhan. “Setiap muslim wajib memberi kepada anak yatim dan panti asuhan, karena kitalah ayah dan ibu bagi mereka. Semoga anak-anak kita di sini lebih diringankan menjalani pendidikan di masa pandemi ini,” harapnya.

Ia juga mengingatkan agar selalu disiplin mendirikan sholat, membaca Al Quran, berdoa kepada Allah SWT. Sehingga, mereka selalu percaya diri dan berani mewujudkan mimpi-mimpi besar yang dicita-citakan.

Sedangkan Dian, 14, seorang pelajar yang tinggal di panti asuhan tersebut tampak terharu. Ia sangta bersyukur atas kepedulian Ali Mukhni terhadap dirinya dan rekan-rekan serta adik-adik yang senasib dengannya. Baginya, sosok Ali Mukhni sangat menginspirasi kalangan anak-anak yatim piatu, ataupun yang kini tinggal di panti asuhan.

BACA JUGA:  PMII Sumbar Minta Pemerintah Evaluasi PLN

“Semoga ayah (Ali Mukhni) semakin sukses dan mendapat ridha dari Allah. Saya dan teman-teman sangat bahagia karena selalu mendapat perhatian ayah,” ujar Dian tersenyum.

Kepedulian Tanpa Batas

Ali Mukhni selama ini memang diketahui menjadi donator tetap di sejumlah Panti Asuhan, PAUD dan Masjid. Baginya, hal itu suatu kewajiban. Sehingga, masa depan anak-anak yatim atau anak panti asuhan dapat terjamin, dan kebutuhannya selalu terpenuhi.

Tidak itu saja, ia bahkan rutin bertanya kepada anak-anak ketika bertemu di masjid. Baik menyangkut prestasi belajar mereka, ataupun tempat tinggal dan pekerjaan orangtuanya. Saat mengetahui anak-anak tersebut berprestasi atau hidup dalam kondisi yatim piatu, Ali Mukhni spontan memberikan mereka uang. Itulah alasannya kenapa selalu menyediakan uang di dalam sakunya.

BACA JUGA:  Dua Pemuda Bawa Satu Karung Goni Ganja Kering dari Sumut

Selain itu, ia juga rutin memberikan santunan kepada anak-anak berprestasi di bidang keagamaan. Terlebih anak-anak yang menjadi hafiz Al Quran, wajah Ali Mukhni tampak selalu ketika berbincang dengan mereka. “Semua yang diberikan Allah kepada kita hanyalah titipan. Saya memang wajib membawa uang minimal Rp 5 juta setiap kali keluar. Sebab bersedekah itu tidak ada ketentuan waktunya, karena itu bagi saya kewajiban yang harus dilakukan setiap hari,” pungkas Ali Mukhni. (da.)

  • Bagikan