Rusa di Kebun Mini IKK Padangpariaman Terancam Perburuan

Avatar photo
rusa di Kebun Mini IKK Padangpariaman
Seekor rusa di Kebun Mini IKK Padangpariaman tampak mati tersangkut di pagar, dengan kondisi perut hingga bokongnya robek. (Foto: Ist)

Padangpariaman | Datiak.com – Rusa di Kebun Mini IKK Padangpariaman terancam perburuan. Dalam beberapa pekan terakhir saja, dua rusa telah disembeli karena luka parah diburu anjing liar. Lalu, satu ekor rusa ditemukan mati dalam kondisi luka robekan parah pada perut hingga bokongnya.

Kondisi ini terjadi karena kandang rusa di Kebun Mini IKK Padangpariaman itu tidak terurus. Sehingga, terdapat celah/lubang yang membuat anjing liar masuk. Sampai sekarang, kondisi ini tampaknya belum mendapat perhatian serius.

Untuk diketahui, Rusa Tutul yang kini dilestarikan di Kebun Mini IKK Padangpariaman, didatangkan langsung dari Istana Bogor tahun 2014 silam. Artinya, rusa itu hadiah dari Presiden RI untuk Pemerintah Kabupaten Padangpariaman.

BACA JUGA:  Hadiri Halalbihalal KTKS, Suhatri Bur: Keterlibatan Perantau Diperlukan

Padahal, hingga sekarang rusa di Kebun Mini IKK Padangpariaman mampu menjadi daya tarik. Buktinya, setiap sore, terlebih di hari libur, banyak masyarakat yang berkunjung untuk melihat rusa tersebut. Bahkan, setiap masyarakat yang melihatnya, selalu membawakan sayuran sebagai makanannya.

Kepala Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan Padangpariaman, Bustanil Arifin, saat dikonfirmasi terkait tanggung jawab terhadap rusa di Kebun Mini IKK Padangpariaman, menjelaskan bahwa tugas dinasnya mencakup kesehatan rusa saja.

“Kalau kondisi kebun, itu bukan lagi ranah Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan Padangpariaman,” ungkap Bustanil.

Hal serupa juga dikemukakan Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DLHPKPP) Padangpariaman, Netty Warn. Menurutnya, kemungkinan yang berwenang dalam mengurus kandang rusa tersebut adalah Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Padangpariaman.

BACA JUGA:  Keterbukaan Informasi di Padangpariaman Wajib
Namun, titik terang siapa yang mengurus kandang rusa di Kebun Mini IKK Padangpariaman, belum juga ditemukan ketika dikonfirmasi kepada Kabag Umum dan Perlengkapan Setdakab Padangpariaman, Jon Eka Putra.

Dengan demikian, sampai berita ini ditayangkan, belum diketahui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bertanggung jawab dalam mengurus kebun mini di Kantor Bupati Padangpariaman, di Paritmalintang tersebut. (da.)


Baca berita Padangpariaman hari ini di Datiak.com.

Daftar dan masuk untuk mengambil konten!