Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

RPJM Desa Tuapejat Dibahas, Muat Program 6 Tahun ke Depan

  • Bagikan
RPJM Desa Tuapejat 2021
Kepala Desa Tuapejat Pusuibiat T. Oinan memberikan sambutan dalam musyawarah RPJM Desa Tuapejat mulai dibahas, di Aula Kantor Desa Tuapejat, Kamis (04/10/2021). (Foto: Sabarial/Datiak.com)

Mentawai | Datiak.com – RPJM Desa Tuapejat mulai dibahas, Kamis (04/10/2021), di Aula Kantor Desa Tuapejat. Kegiatan itu diikuti oleh Sekretaris Camat Sipora Utara, Salmon Sakerebau, Kepala Desa Tuapejat dan jajaran, ketua dan anggota BPD Tuapejat, tokoh masyarakat, hingga perwakilan TNI/Polri di sana.

Kepala Desa Tuapejat Pusuibiat T. Oinan mengatakan, RPJM Desa Tuapejat merupakan penjabaran dari visi-misi Kepala Desa Tuapejat yang terpilih pada Pilkades Tuapejat 2021. Hal itu sesuai amanah Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Hari ini (kemarin) kita telah mengadakan musyawara untuk membahas program-program Pemerintah Desa Tuapejat, sesuai visi-misi kepala desa untuk enam tahun ke depan,” ujarnya usai musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) tersebut.

Selain itu, imbuhnya, program-program yang dibahas dalam musyawarah RPJM Desa Tuapejat, tentu hasil usulan masyarakat melalui musyawarah tingkat dusun. “Usulan masyarakat dalam musyawarah di sembilan dusun di Tuapejat, sudah kita masukan dalam program RPJM Desa Tuapejat,” ungkap Pusuibiat.

Kendati demikian, lanjutnya, seluruh usulan masyarakat dari hasil musyawarah dusun, belum bisa dipastikannya langsung terakomodir di anggaran tahun depan. Namun, ia memastikan bakal mengakomodirnya secara bertahap.

“Semua (mengakomodir usulan masyarakat, Red) tentunya berdasarkan kemampuan anggaran desa kita nantinya. Kalau tidak bisa sekaligus, tentu kita prioritaskan secara bertahap,” katanya.

Sedangkan Sekretaris Camat Sipora Utara, Salmon Sakerebau, mengatakan bahwa dirinya yang mewakili Camat Sipora Utara, sepenuhnya mendukung setiap program yang dijabarkan dalam RPJM Desa Tuapejat untuk 6 tahun ke depan.

“Namun kita harus memahami kondisi kita yang masih di masa pandemi, memang berkemungkinan realisasi program tidak dapat dilakukan sekaligus. Artinya memang harus bertahap,” hemat Salmon.

Usai musyarakah, berita acara disetujui langsung masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan ditandatanganinya berita acara oleh Ketua BPD Tuapeijat, tokoh agama, tokoh masyarakat, Ketua Karang Taruna Tuapejat, dan pihak terkait lainnya. (da.)

Baca berita Kabupaten Kepulauan Mentawai hari ini di Datiak.com.

  • Bagikan