Iklan Melayang
Iklan Melayang

Rektor UNP Ingin Bangun FIK di Stadion Utama Sumbar

  • Bagikan
Bupati Padangpariaman Ali Mukhni (kiri) berdiskusi dengan Rektor UNP Ganefri terkait rencana pembangunan FIK UNP di lingkungan Stadion Utama Sumbar. (Foto: Humas)
banner 468x60

Padangpariaman | Datiak.com – Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof Ganefri membidik potensi Stadion Utama Sumbar, di Nagari Sikabu, Kecamatan Lubukalung. Rektor UNP itu pun berkeinginan membangun Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) di sana.

Niat itu disampaikan Ganefri, ketika mendampingi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meninjau pembangunan stadion yang akan dijadikan lokasi pembukaan MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020. Menurutnya, apabila tidak ada aktivitas, Stadion Utama Sumbar bisa menjadi menara gading.

banner 336x280

“Setidaknya kita butuh lahan sekitar 10 hektar untuk membangun Fakultas Ilmu Keolahragaan di sekitar main stadion ini,” ungkap Ganefri.

Ganefri juga mengungkapkan bahwa kampus di Air Tawar Padang, dikhususkan untuk program pascasarjana. Pasalnya, kampus regular juga diproyeksikan pindah ke Tarok City.

“Kalau Fakultas Ilmu Keolahragaan di lingkungan stadion ini, mahasiswa bisa memanfaatkannya untuk praktikum. Jadi selalu ada kegiatan di sini,” hemat Ganefri.

Wacana itupun disambut positif oleh Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni. “Konsep pak Rektor dan pak gubernur ini patut didukung, karena pasti membuat UNP semakin besar di Sumbar,” kata Ali Mukhni yang juga Ketua Ikatan Alumni UNP.

Untuk itu, imbuh Ali Mukhni, dirinya memastikan akan mendukung semaksimal mungkin, agar wacana itu cepat terealisasi. Terkait teknis penyediaan lahan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah nagari setempat.

“Kita yakin konsep ini akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Sebab antara stadion dan Fakultas Ilmu Keolahragaan, pasti sinkron kegiatannya. Jadi, aktivitas jalan terus di sini,” hematnya.

Terlebih lagi, dirinya juga berencana memanfaatkan Stadion Utama Sumbar untuk kegiatan olahraga pelajar nantinya. Caranya dengan membuatkan jadwal setiap sekolah menggelar senam bersama setiap minggunya di sana.

“Kalau adik-adik dari Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP berkuliah dan praktek di lingkungan stadion ini, tentu juga menguntungkan bagi pelajar kita. Sebab mereka bisa belajar dari kakak-kakaknya itu,” cermatnya.

Artinya, tambah Ali Mukhni, konsep Ganefri dan Irwan Prayitno, sangat tepat dalam mencetak banyak atlet ke depannya. “Insya Allah, stadion ini akan menjadi pusat lahirnya atlet-atlet besar di Sumbar ke depannya,” pungkas pensiunan guru olahraga tersebut. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan