Rapid Test Warga dari 3 Kecamatan, Dinyatakan Positif Corona

  • Bagikan
Juru Bicara Penanganan Covid-19 Dharmasraya, Rahmadian. (Foto: Istimewa)

Dharmasraya – Rapid test (tes cepat) yang dilakukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh, menyatakan sebanyak tujuh orang positif covid-19 atau virus corona. Selanjutnya, ketujuh warga Sutan Riska Tuangku Kerajaan tersebut, bakal diambil swab-nya untuk diuji laboratorium.

Informasi yang dihimpun Datiak.com, ketujuh warga Dharmasraya tersebut berasal dari tiga kecamatan. Yakni, satu orang dari Kecamatan Sitiung, tiga orang dari Kecamatan Sungai Rumbai, dan tiga orang lainnya dari Kecamatan Tiumang.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Dharmasraya, Rahmadian mengatakan, ketujuh warga tersebut sebelumnya memang pernah kontak dengan dua orang positif corona di sana. Yakni J (59 tahun) dan R (64 tahun).

“Jadi kami mengimbau warga yang merasa pernah kontak langsung dengan tuan J dan R, agar menghubungi petugas medis untuk diperiksa. Begitupun warga yang datang dari daerah terjangkit,” imbau Rahmadian.

Ia turut mengingatkan warga agar tidak menganggap enteng covid-19 tersebut. Sebab, dampaknya bisa merugikan banyak orang. Jadi, kesadaran masyarakat dalam kondisi sekarang sangat dibutuhkan. “Kita harus bersama-sama memutus rantai penyebaran covid-19 ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Rahmadian juga menjelaskan, warga diketahui kontak dengan positif virus corona, masih ada yang tidak datang mengikuti rapid test di RSUD Sungai Daerah. Dari sebelas orang yang diduga terpapar, hanya 4 orang yang mengikuti rapid test.

Sedangkan untuk pengambilan sampel swab, dari enam orang yang diminta datang ke RSUD Sungai Dareh, hanya lima orang yang hadir. Dari informasi yang diperoleh pihaknya, warga yang tidak ikut rapid test dan pengambilan swab itu, beralasan karena dirinya merasa sehat.

Padahal, menurutnya orang yang perlu diwaspadai memang kondisinya tampak sehat saja. “Kalau pada orang (terpapar covid, Red) yang sakit, sudah jelas keluhannya. Misalnya demam, batuk, atau sesak nafas,” katanya.

Data yang dihimpun Datiak.com di situs resmi Dharmasraya Tanggap Corona, Selasa (20/4), tercatat Jumlah Pelaku Perjalanan ke daerah Terjangkit (PPT) sebanyak 3.942 orang. Sebanyak 2.817 orang PPT sudah selesai proses pengamatan. Sedangkan 1.125 orang lainnya masih dalam proses pengamatan.

Untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di sana, tercatat sebanyak 246 orang. Kini, hanya 14 orang yang masih dalam proses pemantauan. Lalu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang terdata sebanyak 4 orang. 3 orang di antaranya dinyatakan sembuh dan 1 orang lagi masih dalam proses perawatan. Sedangkan jumlah positif corona dari hasil uji laboratorium dilaporkan sebanyak 2 orang yang kini masih dalam perawatan. (da.)

  • Bagikan