Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Ranperda RTRW Padangpariaman Masuk Tahap Evaluasi

  • Bagikan
Bupati Padangpariaman Ali Mukhni saat memaparkan rancangan RTRW Padangpariaman di kementerian, sebelum dilakukan pembahasan Ranperda RTRW Padangpariaman. (Foto: Humas)

Padangpariaman | Datiak.com – Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Padangpariaman akhirnya disepakati. Hal itu sampaikan Sekdakab Padangpariaman, Jonpriadi, Selasa (8/9). “Tahapan pembicaraan tingkat pertama terhadap Ranperda RTRW Padangpariaman telah kita lakukan bersama DPRD Padangpariaman dengan baik,” kata Jonpriadi.

Dalam pembicaraan tingkat pertama tersebut, imbuhnya, beberapa tahapan pembahasan dilakukan eksekutif dan legislatif. Di antaranya penjelasan bupati, pemandangan umum fraksi, tanggapan atau jawaban bupati, pembahasan dalam rapat komisi dan gabungan komisi serta panitia khusus, lalu harmonisasi dan pemantapan konsepsi.

“Untuk harmonisasi panperda ini, kami sudah berkoordinasi dengan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Barat serta instansi terkait. Alhamdulillah, 23 Juli 2020 sudah ditetapkan bahwa Ranperda RTRW Padangpariaman dapat dilanjutkan ke tahapan berikutnya,” ungkap mantan Kepala Bappeda Padangpariaman itu.

BACA JUGA:  Silek Sunua, Pagar Diri yang Berlandaskan Nilai Islami

Sekarang, katanya, tahapan lanjutan Ranperda RTRW Padangpariaman yaitu evaluasi Gubernur Sumatera Barat. Pihaknya pun sudah mengirimkan dokumen ranperda tersebut ke Pemprov Sumbar. “Setelah dievaluasi oleh gubernur, tahapan terakhir yaitu evaluasi oleh Menteri Dalam Negeri,” katanya.

Jonpriadi menjelaskan bahwa RTRW Padangpariaman 2020-2040 memuat tujuan, kebijakan, strategi penataan ruang wilayah, rencana pola ruang, penetapan kawasan strategis maupun arahan pemanfaatan ruang wilayah. Semua itu merujuk pada ketentuan Undang Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Terpisah, Bupati Padangpariaman Ali Mukhni berterima kasih atas dukungan dan kerja sama pimpinan serta seluruh anggota DPRD Padangpariaman. Begitupun kerja maksimal jajarannya mempersiapkan Ranperda RTRW Padangpariaman 2020-2040.

BACA JUGA:  Sestama BNPB Langsung Acc Suhatri Bur Minta Rp 500 Juta

“Kami juga berterima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat, para pakar/akademisi di Sumbar, serta lembaga terkait yang mendorong hingga mendukung suksesnya penyusunan RTRW ini,” ujar bupati peraih Satya Lencana Pembangunan itu.

Menurutnya, RTRW Padangpariaman 2020-2040 gerbang perencanaan pembangunan daerah, karena di dalamnya telah disesuaikan dengan perkembangan zaman. RTRW itu juga dapat memberi peluang besar bagi Padangpariaman dalam meningkatkan PAD ke depannya.

“Daerah kita strategis dan memiliki potensi besar. Jadi semua itu harus kita akomodir dalam RTRW agar memberikan kontribusi nyata dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (da.)

  • Bagikan