Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Ranperda RPJMD 2021-2026 Kabupaten Solok Disahkan Malam

  • Bagikan
Ranperda RPJMD 2021-2026 Kabupaten Solok disahkan
Bupati Kabupaten Solok Epyardi Asda menandatangani lembaran Perda RPJMD 2021-2026 Kabupaten Solok yang disahkan, Rabu malam (18/8/2021). (Foto: Diskominfo Kabupaten Solok)

Kabuaten Solok | Datiak.com – Ranperda RPJMD 2021-2026 Kabupaten Solok tetap disahkan, tadi malam (18/8/2021). Sidang tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Ivoni Munir. Hal itu lantaran sidang sebelumnya yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten, Dodi Hendra, sempat berujung kericuhan.

Seperti diketahui, kericuhan itu terjadi karena adanya dualisme fraksi di DPRD Kabupaten Solok. 6 fraksi menyatakan menolak Dodi Hendra memimpin sidang. Sebaliknya, 2 fraksi membela Ketua DPRD Kabupaten Solok tersebut, karena dinilai sah secara hukum memimpin sidang.

Alhasil, suasana sidang penetapan Ranperda RPJMD 2021-2026 Kabupaten Solok yang dipimpin Dodi Hendra ramai instruksi. Bahkan sempat terjadi aksi pelemparan asbak rokok hingga mengangkat meja. Beberapa legislatif di DPRD Kabupaten Solok itu juga nyaris adu jotos.

Sidang pun sempat diskor dua kali. Skor pertama selama 30 menit. Tujuannya untuk memusyawarahkan siapa yang akan memimpin sidang. Namun, nyatanya musyawarah itu tidak membuahkan hasil, karena penolakan Dodi Hendra memimpin sidang tetap saja terjaidi. Sehingga, sidang kembali diskor selama 15 menit.

BACA JUGA:  Fraksi PKS DPRD Padang Minta Keputusan Wako No 232 Dicabut

Setelah 15 menit, sidang kembali dilanjutkan. Dodi Hendra masih memimpin sidang tersebut. Tentunya instrupssi menolak Dedi Hendra masih bermunculan. Suasana itupun membuat Dodi Hendra memutuskan menskor sidang dengan waktu yang tidak ditentukan. Fraksi yang mendukung Dodi Hendra pun keluar dari ruang sidang.

Malam harinya, sidang ternyata berlanjut. Informasi yang dihimpun Datiak.com, sidang itu tidak dihadiri oleh Dodi Hendra, termasuk dua fraksi yang mendukung. Yakni Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Hanya saja, menguntip dari keterangan resmi di halaman website Pemerintah Kabupaten Solok, solokkab.go.id, dijelaskan bahwa sidang dengan agenda penetapan Ranperda RPJMD 2021-2026 Kabupaten Solok tersebut, turut dihadiri anggota DPRD Kabupaten Solok. Termasuk Ketua DPRD Kabupaten Solok, Dodi Hendra.

BACA JUGA:  Putusan Vonis Muzni Zakaria Ditunda Seminggu

Dalam keterangan resmi Pemkab Solok itu, Bupati Kabupaten Solok Epyardi Asda mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya. Sebab RPJMD yang menjadi landasan pembangunan Kabupaten Solok 5 tahun ke depan telah disahkan. “Kami sangat mengapresiasi DPRD Kabupaten Solok yang sudah mendukung penuh,” ujar Epyardi Asda.

Ia memastikan bahwa Pemkab Solok akan menjadikan masukan dan saran panitia khusus (pansus) DPRD Kabupaten Solok sebagai landasan formil. Sebab, lanjutnya, sinergisitas eksekutif dan legislatif kunci keberhasilan pembangunan Kabupaten Solok.

“Terima kasih juga dukungan dari seluruh lapisahan masyarakat. Semoga keputusan yang dihasilkan sesuai kebutuhan masyarakat Kabupaten Solok nantinya,” tukas Epyardi Asda.

Tanggapan Dodi Hendra Soal Pengesahan Ranperda RPJMD 2021-2026 Kabupaten Solok

Di sisi lain, Ketua DPRD Kabupaten Solok Dodi Hendra enggan berkomentar banyak terkait pengesahaan Ranperda RPJMD 2021-2026 Kabupaten Solok menjadi perda pada Rabu malam (18/8/2021). Sebab, dirinya memilih menyerahkan seluruhnya kepada Gubernur Sumatera Barat. “Gubernur nantinya pasti akan melakukan verifikasi dan evaluasi setiap perda (peraturan daerah) yang diajukan oleh pemerintah kabupaten/kota di Sumbar ini,” hematnya.

BACA JUGA:  Masalah Ganti Rugi Lahan Tol di Padangpariaman Muncul 1 Lagi

Jadi, menurutnya Gubernur Sumbar yang pantas menentukan apakah Ranperda RPJMD 2021-2026 Kabupaten Solok yang disahkan menjadi perda tadi malam, telah memenuhi aturan perundang-undangan atau tidak. “Mohon maaf, saya tak mau berkomentar banyak. Masyarakat tentunya juga bisa menilai apa yang terjadi sekarang,” tukas Dodi Hendra. (da.)


Temukan berita Kabupaten Solok hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan