Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Racun Sianida Ternyata Ada di Dalam 5 Makanan Ini, Hati-hati

Singkong mempunyai kandungan bahan kimia yang disebutkan glikosida sianogenik, yang bisa melepas zat sianida pada tubuh waktu dimakan. (Foto: IST)
1367 pembaca


Racun sianida adalah tipe racun yang paling beresiko, sebab bisa menimbulkan kematian dalam sekejap. Tapi, tahukah Anda? Sianida pun ada dalam beberapa macam makanan, kendati jumlah ada sedikit. Yok, kenali apa tipe makanan yang ada kandungan sianida.

Racun sianida adalah senyawa kimia yang terdiri dalam unsur karbon serta nitrogen dan siap berbentuk gas, cairan, atau padat. Senyawa ini miliki pembawaan racun yang paling kuat serta bisa tercipta dengan cara alamiah atau dibentuk oleh manusia.

Sianida terdapat di dalam asap rokok, bahan pencipta kertas, tekstil, serta plastik. Senyawa ini dengan cara alamiah dapat juga dijumpai dalam beberapa bahan makanan. Bila diproses serta dimakan dengan tidak pas, Anda terdapat resiko merasakan keracunan sianida.



Jumlah sianida 1-2 miligram per kilogram bobot badan didapati bisa menimbulkan kematian. Tapi, dalam jumlah lebih kecil lantas sianida masih tetap beresiko untuk jantung serta otak, juga dapat menimbulkan koma.

Jenis Makanan yang Mempunyai Kandungan Racun Sianida

Di bawah ini yakni beberapa macam makanan serta buah yang alami mempunyai kandungan atau menciptakan racun sianida:

iklan paralax post

1. Singkong

Singkong dapat beresiko bila dimakan pada situasi mentah, kebanyakan, atau diproses yang salah. Ini sebab singkong mempunyai kandungan bahan kimia yang disebutkan glikosida sianogenik, yang bisa melepas zat sianida pada tubuh waktu dimakan.




Di sebagian negara, singkong bisa terbuktikan meresap bahan kimia beresiko dari tanah, seperti arsenik serta kadmium, yang bisa tingkatkan kemungkinan kanker. Tapi, bila diproses yang betul serta dimakan dengan jumlah lumrah, singkong masih tetap aman untuk dimakan.

Trik produksi singkong yang betul dengan kupas kulit singkong sampai bersih, sebab kulit singkong mempunyai kandungan sianida tertinggi. Setelah itu, rendam singkong sedikitnya 2 hari saat sebelum diolah serta masaklah singkong hingga masak.

Trik aman untuk mengkonsumsi singkong yang lain dengan mengombinasikannya dengan makanan yang ada kandungan protein. Soal ini sebab protein didapati bisa menyingkirkan racun sianida dari badan.

2. Apel

Di sisi tengah apel, ada biji-biji kecil memiliki warna hitam yang ada kandungan zat amigdalin. Waktu berhubungan dengan enzim pencernaan, zat ini dapat melepas racun sianida. Tapi, Anda tidak butuh risau sebab untuk capai jumlah sianida yang beresiko sedikitnya dibutuhkan kira-kira 200 biji apel.