Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Puluhan Warga Padangpariaman jadi Miliuner Baru

  • Bagikan
Wabup Padangpariaman Rahmang berdoa jelang penyerahan uang ganti lahan warganya yang terdampak pembangunan Tol Padangpariaman-Pekanbaru. Sekarang, puluhan warga Padangpariaman jadi miliuner baru usai menerima uang penggantian lahan tersebut. (Foto: Datiak.com)

Padangpariaman | Datiak.com – Puluhan warga Padangpariaman jadi miliuner baru, setelah menerima uang ganti lahan mereka yang terdampak pembangunan Tol di Padangpariaman. Pasalnya, uang ganti lahan pembangunan Tol Padangpariaman-Pekanbaru tersebut, nilainya tidak saja puluhan dan ratusan juta, tetapi ada warga yang menerima hingga miliaran rupiah.

Wakil Bupati Padangpariaman, Rahmang, memberikan saran kepada para warga yang menerima uang ganti lahan, agar memanfaatkan uangnya untuk bisa menumbuhkan perekonomian penerima ke depannya, atau diinvestasikan untuk kebutuhan jangka panjang.

“Kalau uang sudah di tangan, kita semua pasti tahu risikonyo. Sangat banyak pengaruh. Kadang biasanya 1 kali ke pasar, bisa saja jadi 3 kali ke pasar dalam sehari,” hemat Rahmang usai menyerahkan dana ganti lahan warga terdampak Tol Padangpariaman-Pekanbaru secara simbolis, Jumat (5/3).

Untuk itu, ia mengajak ninik mamak kaum dan kepala waris, agar selalu memberikan arahan kepada anak-kemenakan mereka yang menerima dana ganti lahan, sehingga uangnya tidak habis tanpa arah. Alhasil, mereka malah dirugikan ke depannya.

“Kalau saya pribadi menyarankan tanah harus diganti kembali dengan tanah. Jadi, carilah tanah lain agar uangnya terjaga,” saran Rahmang.

Di sisi lain, Pimpinan Cabang PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Padang, Zulherman Isfia, menyarankan agar penerima uang yang tidak sedikit tersebut, memanfaatkan dan mengelola dananya sebaik mungkin. Salah satunya untuk hal-hal produktif, seperti membuka atau mengembangkan usaha.

“Kita bisa beri modal usaha jika warga menjadikan uangnya itu sebagai agunan (jaminan),” ungkap Zulherman yang didampingi Yandri Eka Putra, selaku Pemimpin Kantor Cabang Pembantu (KCP) BRI Pondok Padang.

Pemberian modal usaha oleh BRI, imbuhnya, sudah pasti tidak akan memberatkan warga. Hal itu lantaran suku bunga yang akan ditetapkan sangatlah kecil. Bahkan, bisa saja jauh di bawah suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI, yang sudah sukses memajukan banyak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia.

“KUR itu kan bunganya 6 persen. Kalau warga penerima ganti lahan ini bersedia, kita bisa beri modal dengan bunga di bawah 4 persen,” ucap Zulherman.

Total Penyaluran

Seperti diketahui, penyaluran ganti lahan terdampak Tol Padangpariaman-Pekanbaru, khususnya sesi Kasang-Kapalohilalang sudah mencapai tahapan kedepalan. “Sebelumnya dana ganti lahan yang sudah disalurkan yaitu Rp 78 miliar ke 152 rekening penerima,” ungkap Zulherman.

Jadi, menurutnya sangat wajar jika kini puluhan warga Padangpariaman jadi miliuner baru. “Jumat ini (5/3) total uang ganti lahan yang akan disalurkan yaitu sekitar Rp 15 miliar ke 32 rekening penerima,” tukas Zulherman. (da.)

  • Bagikan