Selasa, 3 Oktober 2023

Datiak.com

Berita Terbaru Hari Ini dan Ragam Artikel Menarik

Psoriasis Vulgaris Penyakit Kulit Misterius: Wajib Dikenali 5 Gejalanya

Ilustrasi seseorang yang terjangki penyakit kulit psoriasis vulgaris. (Foto: Unair.ac.id)
479 pembaca

Psoriasis vulgaris menginfeksi jutaan orang di dunia. Jadi, penyakit kulit ini jangan sampai dipandang sepele. Anda mesti memahami gejalanya, agar bisa melakukan pencegahan dini.

Psoriasis vulgaris adalah penyakit kulit yang belum diketahui apa penyebab pastinya hingga kini. Untungnya, para ahli sudah menemukan tanda-tanda kulit terinfeksi penyakit ini. Sehingga, seseorang yang mengalaminya dapat melakukan pengobatan lebih awal.

Penting diketahui, kulit ialah organ paling luas di badan manusia, yang mempunyai peranan penting saat membuat perlindungan beberapa organ intern dari bahaya external. Tetapi, kadangkala, kulit bisa alami masalah serius yang mempengaruhi kualitas hidup pribadi.


Salah satunya masalah kulit yang umum dan mengusik ialah psoriasis vulgaris. Dalam artikel berikut, kita akan menelusuri lebih dalam mengenai psoriasis vulgaris, termasuk pemicu, tanda-tanda, pengobatan, dan efeknya pada kehidupan setiap hari.

Apa yang Dimaksud Psoriasis Vulgaris?

Psoriasis vulgaris lebih terkenal dengan panggilan psoriasis, adalah permasalahan kulit serius. Juta-an orang di dunia terserang penyakit kulit satu ini. Tipe psoriasis yang umum, meliputi sekitaran 80-90 % dari semua kasus psoriasis.

Salah satunya tanda-tanda umum dari psoriasis yakni tejadinya radang pada kulit secara akut. Lantas, kulit akan banyak bercak merah yang bersisik kasar dan kering. Hingga, tempat kulit yang terkena penyakit ini, akan berasa keras dan memeras.

iklan paralax ali mukhni caleg dpr ri dapil sumbar 2 partai nasdem

Tanda-tanda psoriasis vulgaris dapat ada di sisi mana saja dalam tubuh. Misalkan pada segi siku, lengan, lutut, kulit kepala, punggung, serta kuku . Maka, Anda perlu waspada beberapa gejala penyakit kulit misterius ini.

Apa Penyebab Psoriasis Vulgaris?

Walaupun penyebab psoriasis vulgaris belum seutuhnya dimengerti oleh ahli kesehatan kulit, tetapi mereka telah menyampaikan dugaan sementara faktor penyebabnya.

Salah satunya dianggap menyangkut pada mekanisme ketahanan tubuh pada sel darah putih. Harusnya, mekanisme ini membuat perlindungan badan dari infeksi, tapi justru secara salah serang kulit sehat.

Selainnya faktor ketahanan tubuh, faktor genetik berperanan dalam perubahan psoriasis. Bila seorang mempunyai bagian keluarga dengan psoriasis, dampak negatif mereka untuk meningkatkan penyakit ini jadi lebih tinggi.

Seperti Apa Penyakit Kulit Psoriasis?

seperti apa penyakit kulit psoriasis
Ilustrasi doktek yang melakukan pemeriksaan terhadap pasien dengan penyakit kulit psoriasis vulgaris. (Foto: Ist)

Kendati faktor penyebab psoriasis vulgaris secara pasti belum diketahui, para ahli kesehatan kulit sudah mengetahui beberapa gejala psoriasis vulgaris. Ternyata, gejala psoriasis vulgaris bervariatif pada setiap orang yang mengalaminya. Berikut gejala psoriasis vulgaris yang umum ditemukan:

1. Karies Merah dan Sisik

Flek merah atau karies psoriasis ialah pertanda paling ciri khas dari penyakit ini. Mereka dapat ada dimanapun di kulit dan kerap kali berasa gatal atau ngilu.

2. Gatal

Kulit yang terserang psoriasis kerap kali benar-benar gatal, yang bisa mengusik tidur dan kegiatan setiap hari.

3. Penebalan Kulit

Selainnya peralihan warna dan sisik, kulit yang terserang psoriasis bisa juga jadi lebih tebal dan berasa kasar.

4. Pitting Kuku

Psoriasis bisa mempengaruhi kuku, mengakibatkan pitting atau beberapa lubang kecil pada permukaan kuku.

5. Psoriasis pada Persendian

Beberapa orang yang mengalami psoriasis meningkatkan psoriasis pada persendian, yang disebutkan psoriatic arthritis. Ini bisa mengakibatkan ngilu persendian, bengkak, dan kekakuan.

Apakah Psoriasis Menular?

Psoriasis bukan penyakit menular. Ini adalah penyakit autoimun yang memengaruhi kulit dan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang salah mengidentifikasi sel-sel kulit sebagai ancaman dan memicu respons peradangan yang berlebihan. Kondisi ini tidak dapat menular melalui kontak fisik, udara, atau kontak langsung dengan individu yang memiliki psoriasis.

Anda tidak perlu khawatir tentang menularnya psoriasis dari seseorang yang terkena kondisi ini. Namun, psoriasis memiliki aspek genetik, yang berarti ada kemungkinan lebih tinggi seseorang akan mengembangkan psoriasis jika memiliki anggota keluarga yang juga memiliki penyakit ini.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal memiliki psoriasis, penting untuk mendapatkan perawatan medis dan tindak lanjut dengan dokter kulit untuk mengelola gejala dan memahami pengobatan yang sesuai.

Bagaimana Sembuh dari Psoriasis?

bagaimana sembuh dari penyakit kulit psoriasis
Ilustrasi seorang yang kena penyakit psoriasis vulgaris, melakukan pengobatan dengan salep. (Foto: Ist)

Walaupun psoriasis belum bisa sembuh seutuhnya, ada beragam sistem pengobatan yang efisien saat mengurus gejalanya. Pengobatan yang diberi bisa disamakan tingkat keparahan psoriasis pada tiap pribadi. Beberapa opsi obat untuk psoriasis yaitu:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *