Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Produksi ASI Sedikit, Ini Solusi Buat Ibu Muda

  • Bagikan
Menyusui bayi cara terbaik agar produksi ASI tetap lancar. (Ilustrasi: Datiak.com)

Penyebab ASI (Air Susu Ibu) sedikit dipengaruhi beberapa faktor. Di antaranya teknik menyusui yang salah, faktor fisik dan psikologi sang ibu, kondisi bayi, asupan nutrisi ibu, lalu faktor gaya hidup yang tidak baik.
Jadi, Ibu perlu tahu bahwa keluarnya ASI adalah cara terbaik menstimulasi tubuh ibu untuk memproduksi lebih banyak ASI. Artinya, semakin sering menyusui, maka produksi ASI juga semakin lancar dan melimpah.

Pelekatan bayi pada payudara ibu yang tidak sempurna, dapat menyebabkan bayi tidak bisa menyusu dengan baik. Ini membuat jumlah ASI yang seharusnya dikeluarkan menjadi lebih sedikit, karena secara otomatis menurunkan stimulasi dan rangsangan tubuh dalam memproduksi ASI. Biasanya, masalah pelekatan bayi yang tidak sempurna dipicu posisi menyusui yang salah.

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Bayi bisa memintanya kapanpun. Sebaiknya, ibu memberikan ASI tanpa ada pembatasan, termasuk batasan waktu menyusui, sehingga produksi ASI cukup. Selain itu, jangan lupa untuk mencukupi asupan nutrisi bayi, dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, minum cukup air putih, dan perbanyak asupan kalori dari makanan yang dikonsumsi.

Faktor fisik dan psikologis ibu juga bisa menjadi penyebab ASI sedikit. Kondisi psikologis yang dimaksud adalah faktor emosional seperti stres, kelelahan, dan kecemasan berlebihan. Untuk mengatasinya, ibu perlu melakukan langkah-langkah yang dapat meredakan stres dan rasa cemas yang berlebihan.

Penyebab ASI sedikit juga bisa dipicu oleh kondisi si bayi. Misalnya kelainan fisik pada bayi, terutama kelainan pada lidah dan mulut bayi seperti tounge tieserta bibir sumbing. Bayi yang tidur terlalu lama atau tidak disusui sepanjang malam, bisa menyebabkan frekuensi menyusui berkurang. Secara otomatis, dapat menjadi penyebab pasokan ASI berkurang. Hal ini bisa diatasi dengan cara membangunkan dan menyusui bayi sesuai waktu menyusui.

Jadi, ada banyak penyebab ASI sedikit. Jika ibu okta mengalami gangguan seperti di atas, sebaiknya ibu berkonsultasi ke dokter spesial kandungam, untuk mengetahui apa yang menyebabkan produksi ASI Anda sedikit dan cara mengatasinya. Jangan menyerah dalam memberikan ASI eksklusif untuk buah hati Anda. Sebab, berapapun jumlah ASI yang diberikan, akan memberi banyak manfaat untuk si Kecil. (da.)

  • Bagikan