Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

PPKM Level 4 di Padang Berlanjut, SE Segera Diterbitkan

  • Bagikan
PPKM Level 4 di Padang
Wali Kota Padang memutuskan untuk memperpanjang pelaksanaan PPKM Level 4 di Padang selama sepekan. Keputusan itu diambil berdasarkan instruksi pemerintah pusat. (Foto: Diskominfo Padang)

Padang | Datiak.com – PPKM Level 4 di Padang diperpanjang. Asisten Bidang Pemerintahan Pemerintah Kota Padang, Edi Hasymi, mengatakan bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Padang dilanjutkan sesuai instruksi Presiden Joko Widodo.

“Iya, PPKM Level 4 di Padang diperpanjang sampai tanggal 9 Agustus 2021. Ini sesuai arahan dari bapak Presiden,” kata Edi Hasymi, Senin (2/8/2021).

Dia mengungkapkan, dengan perpanjangan PPKM Level 4 tersebut, maka aturan yang diterapkan sebelumnya berlanjut dan tetap berlaku. Misalnya kegiatan belajar mengajar tetap tatap muka dan destinasi wisata ditutup.

“Lalu tempat usaha boleh buka tapi hanya sampai pukul 21.00 WIB. Lewat dari itu, take away. Seperti surat edaran tentang PPKM Level 4 di Padang yang telah dikeluarkan Pemko Padang sebelumnya,” sebutnya.

Menyangkut Surat Edaran Perpanjangan PPKM Level 4 di Padang, imbuhnya, akan segera diterbitkan Pemko Padang. “Surat Edaran yang baru akan dibuat, tingga mengubah tanggalnya aja lagi,” tuturnya.

BACA JUGA:  Komandan Kodim Mentawai Makin Sehat Usai Divaksinasi
Penjelasan Wako Soal PPKM Level 4 di Padang

Terpisah, Wali Kota Padang Hendri Septa sebelumnya mengatakan akan mengikuti instruksi dari pemerintah pusat. Untuk itu, Hendri berharap kepada warga Kota Padang untuk bersama-sama dan saling bahu-membahu mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Padang.

“Kita ingin mewujudkan masyarakat yang sadar atas kondisi saat ini bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir. Karena sampai saat ini masih ada sebagian masyarakat kita yang membandel dan tidak mempedulikan protokol kesehatan,” hematnya.

“Maka dari itu, kita mengimbau masyarakat untuk selalu menjalankan protokol kesehatan. Sehingga, upaya kita menekan angka penyebaran Covid-19 bisa berjalan optimal,” imbuh Hendri Septa.

Ia juga berharap, dengan adanya PPKM Level 4 di Padang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol bisa meningkat. Sehingga, dampaknya bisa menurunkan angka penularan Covid-19.

BACA JUGA:  Pasien Covid-19 di Padang, per Harinya Sembuh 400 Orang

“Sebenarnya kita juga tidak ingin berlama-lama dengan PPKM ini. Karena memang PPKM ini membuat kondisi masyarakat semakin susah,” ucap Hendri Septa.

Oleh karena itu, katanya dalam SE Wali Kota tentang PPKM tersebut, banyak aturan yang dilonggarkan. Terutama aturan bagi pelaku usaha. “Banyak aturan yang kita longgarkan. Pelaku usaha tidak kita perketat lagi, mereka boleh buka hingga pukul 9 malam dan bisa makan di tempat dengan prokes yang ketat,” jelasnya.

Hendri Septa juga mengatakan, Pemko Padang selalu berusaha memikirkan masyarakat bagaimana mereka bisa terhindar dari Covid-19 dan juga bagaimana ekonomi mereka jangan sampai drop. “Semoga dengan kita patuh menjalankan protokol kesehatan, pandemi ini bisa segera berlalu,” harapnya.

Di sisi lain, Hendri menyebutkan sejak pemberlakuan PPKM, animo masyarakat untuk divaksin sangat tinggi. Tingginya animo warga tersebut dikarenakan vaksin menjadi salah satu syarat untuk bepergian. “Ketika saya tanya kepada peserta vaksin, salah satu alasannya ikut vaksin, ya supaya punya kartu vaksin,” katanya.

BACA JUGA:  Calon Pejabat Baru di Padangpariaman Sudah Ditetapkan

Sampai saat ini, lanjut Hendri Septa, sudah 170 ribu lebih warga Kota Padang yang menjalani vaksinasi pertama dan sekitar 70 ribuan lebih warga menjalani vaksinasi kedua. Sementara Pemko Padang menargetkan sampai akhir tahun nanti, sebanyak 720 ribu warga Kota Padang sudah divaksin.

Untuk itu, Hendri berharap gerakan vaksinasi massal ini dapat terus dikampanyekan agar masyarakat mengetahui akan pentingnya vaksinasi ini. “Kita juga tentu berharap setelah PPKM ini dicabut nantinya, animo masyarakat untuk divaksin tidak berkurang. Ya, jangan sampai program vaksinasi ini berakhir pula,” tukasnya. (da.)


Temukan berita Padang hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan