Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

PPDB SMAN 1 Sumbar Tahun Ajaran 2024 Segera Buka: Pahami Tips Lancar Seleksi

Bangunan SMAN 1 Sumbar. (Foto: Facebook SMAN 1 Sumbar)
76 pembaca

Padang Panjang | Datiak.com – Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB SMAN 1 Sumbar Tahun Ajaran 2024 segera dibuka. Kuota yang disediakan sangat terbatas tentunya, yakni untuk 120 orang siswa.

Kepala SMAN 1 Sumbar, Surya Neti, mengungkapkan bahwa proses pendaftaran siswa baru di sekolah yang berada di Kelurahan Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur, akan dimulai pada pertengahan dan ditutup di akhir Februari.

Katanya Neti, pendaftaran online akan dilaksanakan pada 19-27 Februari, dengan seleksi administrasi berlangsung pada 28-29 Februari. Pengumuman hasil seleksi administrasi dijadwalkan pada 1 Maret.

Setelah itu, Neti menjelaskan bahwa ujian akademik akan dilaksanakan pada 3 Maret, sementara ujian Tahfiz Alquran bagi pemilik sertifikat dan tahapan lainnya akan berlangsung pada 3-5 Maret.

Tanggal 13 Maret ditetapkan sebagai hari pengumuman calon siswa diterima, dengan wawancara dilaksanakan pada 14-15 Maret. Proses daftar ulang bagi siswa diterima akan berlangsung pada 16-20 Maret.

Sedangkan daftar ulang cadangan dijadwalkan pada 21-23 Maret. Pengumuman siswa cadangan diterima juga akan dilakukan pada 13 Maret, dan para siswa diharapkan mulai menempati asrama pada 8 Juli.

ppdb sman 1 sumbar tahun ajaran 2024 segera buka 2

ppdb sman 1 sumbar tahun ajaran 2024 segera buka 1

Dalam pernyataan yang dikutip dari halaman resmi Facebook Pemko Padang Panjang pada Sabtu (10/2/2024), Surya Neti memotivasi para calon siswanya untuk mengikuti seleksi.

“Siapkan diri dengan baik, para siswa. Kami menantikan kedatangan individu berbakat untuk bersaing mendapatkan tempat di SMAN 1 Sumbar,” ajaknya.

Neti menyebutkan persyaratan umum penerimaan siswa baru SMAN 1 Sumbar. Misalnya usia maksimal 21 tahun pada 1 Juli 2024, dan surat keterangan sebagai siswa kelas IX dari sekolah asal.

Sementara itu, persyaratan khusus melibatkan rata-rata nilai rapor Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS semester 1 hingga semester 5 minimal 80. Informasi pendaftaran lebih lanjut dapat ditemukan di halaman resmi www.sman1sumbar.sch.id.

Menyoroti program unggulan sekolah, Neti menyebutkan fokus pada pembinaan olimpiade sains (kelas olimpiade), bimbingan kelompok berkarakter, pembinaan tahfiz, pembinaan NSDC dan LDBI, pembinaan karya tulis ilmiah, dan keberhasilan SNBT.

“Lulusan sekolah ini sangat beragam, bahkan mencapai universitas top tingkat nasional maupun internasional,” tambah Surya Neti, menegaskan komitmen sekolah dalam mencetak individu yang luar biasa. (*)