Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Potensi PAD di Padangpariaman, Fraksi Golkar Sorot 3 Sektor

  • Bagikan
Potensi PAD di Padangpariaman tahun 2021
Dasmar saat menyampaikan pandangan Fraksi Partai Golkar dalam Paripurna KUA-PPAS Padangpariaman tahun 2021. (FOto: Datiak.com)

Padangpariaman | Datiak.com – Potensi PAD di Padangpariaman diyakini masih bisa lebih dimaksimalkan. Hal itu seperti dipaparkan dalam pandangan Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar), ketika Paripurna KUA-PPAS Padangpariaman tahun 2021.

Setidaknya, ada 3 sektor yang menurut Fraksi Partai Golkar bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Padangpariaman. Yakni Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pajak galian c (tambang batu dan pasir), serta pajak penerangan jalan.

“Setelah melakukan pembahasan, baik di tingkat komisi bersama OPD mitra kerja, maupun gabungan komisi bersama eksekutif, serta Baggar DPRD bersama TAPD Padangpariaman, masih banyak potensi PAD yang harus digali ke depannya,” ujar isi naskah pandangan Fraksi Partai Golkar yang dibacakan oleh Dasmar tersebut.

BACA JUGA:  Perkiraan Cuaca Sumbar, Sebagian Daerah Diguyur Hujan Lebat

Dasmar menjelaskan, untuk menggali potensi PAD di Padangpariaman, salah satunya bisa dengan mendata ulang secara keseluruhan wajib PBB di Padangpariaman. Sebab, Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang diterbitkan sampai saat ini masih berpedoman pada NJOP 15 tahun lalu.

“Untuk itu, harus dilakukan pendapataan secara menyeluruh untuk menyesuaikan NJOP sekarang ini. Sehingga, potensi PAD di Padangpariaman dari sektor PBB tergarap maksimal. Ini diperkirakan sangat memungkinkan naik secara signifikan,” imbuhnya.

Sedangkan menyangkut pajak galian c, lanjutnya, Fraksi Partai Golkar melihat realisasinya per 31 Agustus 2021, masih jauh dari target yang harus dicapai tahun 2021 ini. “Jadi, kami menyarankan OPD yang memungut pajak galian c harus lebih aktif lagi turun ke lapangan, sehingga target yang disepakati tercapai pada akhir tahun 2021 ini,” ucap politisi Golkar dari Dapil 3 Padangpariaman tersebut.

BACA JUGA:  Singgalang Kariang Longsor, Pengendara Diminta Hati-hati

Sementara itu, potensi PAD di Padanagpariaman dari sektor pajak penerangan jalan (PPJ), pihaknya sudah melakukan perbandingan dengan kabupten/kota lainnya di Sumatera, yang memiliki potensi sama dengan Padangpariaman. Alhasil, pihaknya menyimpulkan bahwa PPJ yang diterima Padangpariaman masih jauh berbeda dengan kabupaten/kota tersebut.

“Untuk itu, Fraksi Partai Golkar menyarankan agar dilakukan penataan kepada seluruh rekening masyarakat yang ada di Kabupaten Padangpariaman. Begitu juga dengan PJU yang merupakan kewajiban Pemkab Padangpariaman membayar ke PLN, agar dilakukan meterisasi secepat mungkin sehingga pembayarannya terukur,” jelas Dasmar.

Solusi Memaksimalkan Potensi PAD di Padangpariaman

Dari seluruh upaya untuk menggali potensi PAD di Padangapariaman dengan lebih maksimal tersebut, lanjut Dasmar, Fraksi Partai Golkar menyarankan agar pimpinan DPRD Padangpariaman membentu Panitia Khusus (Pansus) yang bisa mencarikan solusinya.

BACA JUGA:  Kekayaan Calon Gubernur Sumbar Beserta Hutangnya

“Kami juga menyarankan agar Bupati Padangpariaman merevisi secepatkan Perda SOTK Padangpariaman. Sehingga, pendapatan asli daerah ini dikelola oleh suatu badan atau dinas di Pemkab Padangpariaman,” tukasnya. (da.)


Temukan berita Padangpariaman hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan