Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Potensi Kelapa Dalam Padangpariaman Terus Dikembangkan

  • Bagikan
Potensi kelapa dalam Padangpariaman
Gubernur Sumbar didampingi Bupati Padangpariaman dan jajaran saat menyerahkan bantuan bibit kelapa dan pinang wangi di Nagari Sikucur Utara, Kecamatan V Koto Kampung Dalam. (Foto: Humas Pemkab Padangpariaman)

Padangpariaman | Datiak.com – Potensi kelapa dalam Padangpariaman dan pinang wangi di Padangpariaman terus digali. Tidak hanya oleh Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, tetapi juga Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Buktinya, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, menghimpun aspirasi dua komunitas itu, Jumat (16/7/2021).

Penghimpunan aspirasi terkait potensi kelapa dalam Padangpariaman dan pinang wangi di Padangpariaman, dilakukan Mahyeldi di Nagari Sikucur Utara, Kecamatan V Koto Kampung Dalam. Dalam kunjungan kerja itu, Gubernur didampingi langsung Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur.

Dalam kesempatan itu, Mahyeldi turut menyerahkan bantuan untuk pengembangan dua komunitas tersebut. Yakni berupa bibit kelapa dan Pinang Wangi. “Sekarang permintaan kelapa dan pinang wangi sangat tinggi. Makanya, kita harus meningkatkan potensi komuditas ini. Contohnya potensi kelapa dalam Padangpariaman dan pinang wangi di Padangpariaman,” hemat Mahyeldi.

Sedangkan Bupati Padangpariaman Suhatri Bur juga menghimpun aspirasi masyarakat di nagari tersebut. Yakni untuk pembangunan infrastruktur berupa jalan.

“Insya Allah, dalam perencanaan pembangunan tahun 2022, akan kita akomodir pembangunan jalan sepanjang 1,5 kilometer. Yakni dari Bukit Bio Bio menuju Baburai Indah, Nagari Sikucur Utara, Kecamatan V Koto Kampung Dalam,” ungkap Suhatri Bur.

Usulkan Pengembangan Potensi Kelapa Dalam Padangpariaman

Menyikapi hal itu, salah seorang tokoh masyarakat di Nagari Sikucur, Nasirman Chan, menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Barat dan Bupati Padangpariaman. Selain pengembangan potensi kelapa dalam Padangpariaman, ia juga mengusulkan agar Gubernur dan Bupati bisa menjadikan Nagari Sikucur sebagai sentra pembenihan pinang wangi di Sumatra Barat.

“Selain pembenahan infrastruktur jalan, masyarakat kita di sini juga sangat mengharapkan perbaikan irigasi di Nagari Sikucur. Sebab, irigasi itu bakal mengairi sekitar 95 hektare sawah di nagari ini,” tukasnya. (da.)


Temukan berita Padangpariaman hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan