Porprov Sumbar Tahun Ini Resmi Dibatalkan

  • Bagikan
Ketum KONI Sumbar, Syaiful bersama Waketum Fazril Ale ketika memotivasi atlet menjalani latihan di Sport Hall sebelum pandemi covid-19.

Padang – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI Sumatera Barat (Sumbar) ternyata tidak dapat dilangsungkan tahun ini. Kepastian itu disampaikan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar, Syaiful, Selasa (9/6).

Syaiful menjelaskan bahwa pembatalan atau penundaan pelaksanaan Porprov XVI Sumbar tahun ini, tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Nomor: 426-381-2020 tentang Penjadwalan Ulang Penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat ke XVI Tahun 2022, dan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Barat ke XVII Tahun 2024.

SK itu ditandatangani langsung Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Di dalamnya juga diputuskan terkait penetapan tuan rumah Porprov XVI yang akan dilaksanakan di Kota Padangpanjang dan Tanahdatar tahun depan. Sedangkan Proprov XVII Sumbar tahun 2024, bakal digelar di Kota Solok.

”Menurut saya ini adalah sebuah keputusan bijak. Kita semua kan sangat memahami bagaimana kondisi daerah kita sekarang ini, karena kondisi pandemi. Mudah-mudah dengan normal baru ini semua bisa membaik,” ujar Syaiful.

Ia juga menyakini setiap keputusan pasti banyak hikmahnya. Contohnya penundaan Porprov XVI Sumbar tersebut, menurutnya tentu bisa memberi waktu lebih panjang kepada atlet untuk mempersiapkan diri (latihan).

Untuk itu, ia berharap keputusan itu tidak mempengaruhi semangat atlet. Begitupun para pengurus dan pelatih seluruh cabang olahraga (cabor). Sehingga, mereka tetap maksimal untuk bisa meraih prestasi nantinya.

”Banyak event atau kejuaraaan yang akan kita hadapi ke depan. Baik yang diadakan di dalam ataupun luar Sumbar. Jadi tidak hanya porprov ini. Untuk itu, mempersiapkan diri (atlet) sematang mungkin harus terus dilakukan,” hematnya.

Ingatkan Kota Solok

Lantaran dalam SK yang diterbitkan 8 Juni 2020 itu sudah diputuskan lokasi tuan rumah porprov 2024, Syaiful turut meminta kesiapan Kota Solok. Jika saja kota yang dipimpin Zul Elfian dan Reinier itu tidak siap, Kabupaten Solok Selatan (Solsel) bisa saja mengambil alih posisi tuan rumah nantinya.

”Ya, jika memang Kota Solok tidak siap, tentu kami memberikan kesempatan itu ke Solsel. Sebab Solsel juga sudah menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah porprov 2024,” ungkap Syaiful. (da.)

  • Bagikan