Polres Cek Kendaraan dan Senjata untuk Awasi Pilkada

  • Bagikan
Wakapolres Padangpanjang Kompol Hamidi mengecek sejumlah senjata api milik jajaran yang akan digunakan saat mengamankan pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020. (Foto: Istimewa)

Padangpanjang | Datiak.com – Polres Padangpanjang memastikan kesiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang diagendakan 9 Desember 2020. Kamis (19/11), jajaran Polres Padangpanjang melakukan pemeriksaan kondisi peralatannya. Mulai dari kendaraan hingga senjata yang akan diangkut saat pengamanan pesta demokrasi itu berlangsung.

Giat yang dipimpin Wakapolres Padangpanjang Kompol Hamidi tersebut, dilakukan untuk memeriksa kondisi 28 unit senpi (senjata api), 4 kendaraan roda 6, 35 unit kendaraan roda 4. Kemudian 88 unit kendaraan roda 2 serta satu unit kepal yang ditempatkan di wilayah hukum Polsek Batipuh Selatan (Danau Singkarak).

Wakapolres Padangpanjang Hamidi menyampaikan, pemeriksaan terhadap peralatan yang akan digunakan mengawasi berlangsungnya Pilkada 2020 dilakukan secara lengkap. Mulai dari kebersihan kendaraan, kelayakan ban, oli, sirine dan rotator serta lainnya. Demikian juga terhadap kondisi senpi (senjata api), terkait dengan izin penggunaan (pinjampakai) serta kebersihan.

“Memastikan maksimalisasi pengaman Pilkada mendatang, tentu semua komponen harus dipersiapkan secara matang agar tidak terjadi kendala nantinya. Di antaranya pengamanan logistik Pilkada mulai dari tahan pendistribusian hingga selesai penghitungan suara,” ujar Hamidi didampingi Kabag Ops AKP Simamora dan Kasi Propam Ipda Alwi.

Dikatakannya juga, pengecekan sarana prasarana (Sarpras) tersebut merupakan tolok ukur persiapan pengaman jelang pemilihan serentak Desember mendatang. Polres Padangpanjang pada helat demokrasi kali ini, pengamanan meliputi proses tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar dan Pemilihan Bupati (Pilbup) Tanahdatar di lingkungan Kecamatan X Koto, Batipuh dan Batipuh Selatan.

Dalam instruksinya, Hamidi meminta personel merawat dan menjaga barang inventaris yang dipercayakan institusi sebagai mana mestinya. Baik senpi, maupun kendaraan bermotor demi tercapainya kinerja yang lebih maksimal. “Kondisi sarpras harus diperhatikan, agar selalu siap pakai ketika memang saat itu dibutuhkan,” pungkas Hamidi. (da.)

  • Bagikan