Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Polling Pemilihan Wali Nagari di Padangpariaman 2021

polling pemilihan wali nagari di padangpariaman 2021

Polling Pemilihan Wali Nagari di Padangpariaman tahun 2021 ditujukan untuk pemetaan partisipasi masyarakat Padangpariaman dalam memeriahkan Pilwanag Serentak di Padangpariaman, yang diikuti 29 nagari.

LIHAT SELENGKAPNYA
Dalam Polling Pemilihan Wali Nagari di Padangpariaman 2021 ini, terdapat 29 nagari yang tersebar di 14 kecamatan Padangpariaman. 3 nagari di Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, 1 nagari di Ulakan Tapakih, 1 nagari Nan Sabaris, dan 2 nagari di Kecamatan Sintuk Toboh Gadang.

Selanjutnya, 1 nagari di Kecamatan 2×11 Kayu Tanam, 3 nagari di Enam Lingkung, 3 nagari di 2×11 Enam Lingkung, 2 nagari di Sungai Limau, 2 nagari di Gasan Gadang, 2 nagari di IV Koto Aur Malintang, 1 nagari di Sungai Geringging, 2 nagari di V Koto Kampung Dalam, 3 nagari di V Koto Timur, dan 3 nagari di Kecamatan Padang Sago.

Berdasarkan penjelasan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Padangpariaman, Erman, tahapan Pilwanag Serentak Padangpariaman 2021 sudah dimulai 1 Juni 2021. Yakni untuk tahapan pencalonan. Lalu pada 1-18 Juni pengumuman dan pendaftaran calon wali nagari. Sementara itu, imbuh Erman, pada 19-30 Agustus dilakukan penelitian kelengkapan dan keabsahan persyaratan administrasi, penelitian berkas perbaikan persyaratan, dan terakhir pengumuman hasil penetapan para calon.

Lalu mulai 29 Juni hingga 5 Agustus, katanya dilaksanakan tahapan pendaftaran pemilih, penyusunan dan pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS), Daftar Pemilih Tambahan, dan terakhir Daftar Pemilih Tetap (DPT). Memasuki September 2021, lanjut Erman, tepatnya 8-14 September, dibentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Agenda berikutnya pun berlanjut tanggal 24 Oktober 2021. Yakni untuk masa kampanye para calon wali nagari. Waktu kampanye itu bakal berlangsung sampai 28 Oktober 2021. Sedangkan 29 Oktober 2021, sudah masuk masa tenang Pilwanag Serentak Padangpariaman 2021. Sebab, pemilihan dilakukan 31 Oktober 2021.

Lantaran masih tersedianya waktu sekitar 1 bulan lebih, Datiak.com pun membuka Polling Pemilihan Wali Nagari di Padangpariaman 2021. Hal ini untuk menstimulus masyarakat untuk berpatisipasi aktif dalam perhelatan demokrasi tingkat nagari tersebut.

Untuk menghindari kecurangan pada Polling Pemilihan Wali Nagari di Padangpariaman 2021, Datiak.com memperingati warga yang tidak tinggal di nagari terkait, untuk tidak mengikuti jajak pendapat (polling) ini. Polling Pilwanag Serentak Padangpariaman 2021 berpotensi dibuat dalam dua putaran. Hal itu tergantung pada hasil polling putaran pertama.

Namun, di putaran kedua berkemungkinan tidak seluruh nagari yang akan mengikutinya. Salam sportif dalam berdemokrasi. Kejujuran rakyat kunci menghasilkan pemimpin yang berkualitas lahir batih untuk kemajuan nagarinya.


Catatan: Polling Pemilihan Wali Nagari di Padangpariaman 2021 ini hanya inisiatif Datiak.com. Tidak ada keterlibatan Pilwanag Serentak Padangpariaman 2021 apalagi para calon wali nagari.


INFORMASI PENTING:

Polling ini mengalami pembaharuan pada Jumat 24 September 2021 pukul 18.20 WIB. Hasil polling sebelumnya akan ditayangkan segera.


Temukan berita Padangpariaman hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.