Pohon Tumbang di Pasbar Timpa Minibus, 1 Balita Meninggal

  • Bagikan
Kejadian pohon tumbang di Pasbar Mei 2022
Kejadian pohon tumbang di Pasbar yang menimpa satu unit minibus membuat seorang balita meninggal dunia. (Foto: Ist)

Pasaman Barat | Datiak.com – Kejadian pohon tumbang di Pasbar (Pasaman Barat) menimpa satu unit minibus. Akibatnya, 1 balita yang menaiki kendaraan umum itupun meninggal dunia. Peristiwa itu terjadi di Batang Toman, Nagari Lingkungaur, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Jumat (6/5) sekitar pukul 13.30.

Insiden pohon tumbang di Pasbar itu, dipicu hujan lebat yang disertai angin kencang di lokasi kejadian. Peristiwa itu juga sempat membuat macet arus kendaraan selama 30 menit karena pohon tumbang berjenis mahoni itu membentang di badan jalan. Selain itu, evakuasi juga sedikit lama, mengingat sopir terjepit, karena pohon menimpa bagian depan mobil.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat AKP Yuliadi, di Simpang Empat mengatakan, kecelakaan itu terjadi saat minibus Isuzu BA 7054 SU melintas di lokasi kejadian. Mobil dikemudikan oleh Aidil Fajar (25 tahun), membawa penumpang Dilan Alfarizi (2 tahun), dan Yepno Riski (30 tahun), datang dari arah Simpang Tiga, Kecamatan Luhak Nan Duo menuju arah Simpang Empat.

Sesampai di lokasi kejadian, bagian kepala minibus tertimpa batang pohon yang tumbang. Mengakibatkan pengemudi menderita luka-luka. Sedangkan 1 balita berusia 2 tahun di dalam minibus itu, mengalami luka berat. Sementara itu, kendaraan mengalami kerusakan cukup berat.

Saat kejadian, evakuasi sopir dan penumpang dilakukan oleh tim gabungan Satlantas Polres Pasaman Barat, Basarnas, PMI, BPBD, TNI, pemadam kebakaran, masyarakat dan lainnya. Malangnya, anak usia 2 tahun itu meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

“Penumpang atas nama Dilan Alfarizi (anak usia 2 tahun, Red) itu meninggal dunia di RSUD  dengan kondisi luka pada sejumlah bagian tubuhnya, dan tidak sadar usai kejadian,” ujar AKP Yuliadi.

Kemudian, sopir mobil Aidil Fajar menderita tangan kanan luka lecet dan dada terasa sakit serta Yepno Riski mengalami patah terbuka pada batang hidung dan kaki luka lecet. Korban sudah mendapat perawatan di RSUD Pasaman Barat.

“Kondisi mobilnya mengalami kerusakan kaca depan pecah, lampu depan pecah dan bagian depan pecah,” tukas AKP Yuliadi mengakhiri keterangan terkait pohon tumbang di Pasbar yang menimpa minibus tersebut.

Dump Truk vs Pikap

Di tempat berbeda, tabrakan juga terjadi antara mobil dump truk BA 8867 AQ dengan mobi pikap Isuzu Panther BA 8430 TL asal Jorong Lubukgodang yang mengangkut remaja berlebaran, di Airbalam, yang menyebabkan sejumlah korban luka-luka.

Lima orang remaja dirawat di Puskesmas Nagari Parit, satu orang dilarikan ke Simpang Empat. Sementara dua remaja lainnya, dilakukan pengobatan alternatif. “Benar semua korban luka luka Telah kita evakuasi guna pengobatan selanjutnya,” kata Ahmad Yani Kapolpos Satlantas Parit.

Ia mengimbau, masyarakat yang melakukan perjalanan selama Lebaran tahun ini, meningkatkan kewaspadaannya. (da.)


  • Bagikan