PLN ULP Balaiselasa Dilalap Api, Kerugian Ditaksir Rp 2 M

  • Bagikan
Kantor PLN ULP Balaiselasa, Kabupaten Pesisir terbakar
Kantor PLN ULP Balaiselasa, Kabupaten Pesisir Selatan, yang dilalap api pada Selasa (8/2) malam. (Foto: Ist)

Pesisir Selatan | Datiak.com – Kantor PLN ULP Balaiselasa, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terbakar pada Selasa (8/2) sekitar pukul 22.30. Ditaksir, kerugiannya mencapai Rp 2 miliar. Hal itu seperti disampaikan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Kasatpol PP dan Damkar) Pessel, Dailipal.

Dailipal menjelaskan, peristiwa kebakaran yang terjadi Selasa malam itu, membuat tiga ruangan di kantor PLN ULP Balaiselasa tersebut hangus terbakar. Yakni ruang piket jaringan beserta kantin, ruang piket layanan pembayaran rekening listrik, dan gudang logistik.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari saksi di lokasi kejadian, sumber api berasal dari atap kantin. “Dari keterangan saksi yang saya dapatkan (Satpam PLN red) ) sumber api berasal dari atap kantin kantor akibat arus pendek listrik,” kata Dailipal.

Ditambahkan lagi, setelah mendapatkan laporan kebakaran itu, pihaknya langsung menerjunkan 2 unit mobil pemadam kebakaran beserta 14 personel pemadam kebakaran ke lokasi kejadian. Personel Damkar beserta dua unit mobil pemadam itu sampai ke lokasi sekitar pukul 22.45.

“Melalui upaya yang dilakukan oleh 14 personel dan 2 unit mobil Damkar serta juga dibantu oleh warga sekitar, api berhasil dijinakkan Rabu (9/2) sekitar pukul 02.03. Dua unit mobil Damkar ini kita datangkan dari Posko Damkar Balaiselasa dan dari Posko Damkar Kambang,” jelasnya.

Beruntung, peristiwa terbakarnya Kantor PLN ULP Balaiselasa tersebut tidak ada korban jiwa. Hanya saja, dari informasi yang dihimpun pihaknya, kerugian ditaksir mencapai Rp 2 miliar.

Manager Komunikasi dan TJSL PT PLN (Persero) UIW Sumatera Barat, Yenti Elfina, melalui keterangan resminya menjelaskan kemarin (9/2), pihaknya memastikan pelayanan kepada pelanggan PLN ULP Balaiselasa tetap berjalan normal pascakebakaran yang terjadi Selasa (8/2) pukul 23.05 itu.

“Tidak ada korban jiwa pada kebakaran ini. Namun pelanggan sempat merasakan pemadaman saat kejadian. Gardu Hubung PLN ULP Balaiselasa dalam kondisi aman, sementara pasokan energi listrik dipastikan cukup dan aman. Untuk pemadaman disekitar lokasi, dampak dari kebakaran, sedang dilakukan penormalan secara bertahap. Pelayanan Kantor ULP akan tetap berjalan dengan kantor darurat,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan, permohonan maaf PLN atas kejadian tersebut. Namun demikian, PLN memastikan pelayanan kelistrikan terhadap pelanggan akan tetap menjadi prioritas.

Sementara itu, keterangan tertulis PT PLN menyebutkan, PT PLN memastikan pelayanan kepada pelanggan PLN ULP Balaiselasa tetap berjalan normal, sebagaimana biasanya, pascakebakaran.

Tidak ada korban jiwa pada kebakaran ini. Namun pelanggan sempat merasakan pemadaman saat kejadian. Gardu Hubung PLN ULP Balaiselasa dalam kondisi aman, sementara pasokan energi listrik dipastikan cukup dan aman.

Untuk pemadaman di sekitar lokasi, dampak dari kebakaran, sedang dilakukan penormalan secara bertahap. Pelayanan Kantor ULP Balaiselasa akan tetap berjalan dengan kantor darurat. PLN pun memohon maaf atas kejadian tersebut. (da.)


Baca berita Pesisir Selatan hari ini di Datiak.com.

  • Bagikan