Iklan Melayang
Iklan Melayang

Pilwanag Serentak di Padangpariaman Sudah Dekat

  • Bagikan
Pilwanag Serentak di Padangpariaman
Wabup Padangpariaman Rahmang (dua dari kiri) didampingi Kepala DPMD Padangpariaman, Erman (kiri) dalam bimtek Pilwanag Serentak di Padangpariaman, di Aula Hotel Safariin Pariaman, Senin (24/5). (Foto: Humas Pemkab Padangpariaman)
banner 468x60

Padangpariaman | Datiak.com – Pemilihan Wali Nagari (Pilwanag) di Padangpariaman, dijadwalkan pelaksanaannya 31 Oktober 2021. Untuk itu, sejumlah tahapan Pilwanag Serentak di Padangpariaman, sudah mulai dilakukan oleh Pemkab Padangpariaman. Salah satunya memberikan bimbingan teknis (bimtek), Senin (24/5).

Bimbingan teknis yang diadakan di Aula Hotel Safariin Pariaman tersebut, dibuka oleh Wakil Bupati Padangpariaman, Rahmang. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Padangpariaman, Erman menjelaskan, pemilihan wali nagari secara serentak itu, diadakan di 29 nagari.

banner 336x280

“Pelaksanaan pemilihan wali nagari serentak di Padangpariaman ini berpedoman pada dua peraturan. Yakni Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, dan Peraturan Bupati Padangpariaman Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wali Nagari,” papar Erman.

Jadi, lanjutnya, bimbingan teknis tersebut masuk ke dalam ketentuan dalam aturan tersebut. Tujuannya agar pelaksanaan Pilwanag Serentak di Padangpariaman tidak melakukan pelanggaran. Baik secara teknis ataupun aturan yang berlaku.

“Bimbingan teknis ini diikuti oleh para panitia pemilihan wali nagari serentak di Padangpariaman yang akan dilaksanakan 31 Oktober 2021 mendatang. Selain itu juga pihak-pihak terkait lainnya yang terlibat dalam pelaksanaan pemilihan nantinya,” tukas Erman.

Sedangkan Wabup Padangpariaman, Rahmang dalam sambutannya berpesan agar peserta bimbingan teknis menyimak materi yang diberikan dengan sebaik mungkin. Sebab, hal itu akan sangat bermanfaat bagi mereka saat menjalankan tugas nantinya.

“Amanah sebagai panitia pelaksanaan pemilihan wali nagari serentak di Padangpariaman ini sangatlah mulia. Sebab, kesuksesan pemilihan nanti, sangat bergantung pada kinerja panitiannya,” hemat wabup yang menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padangpariaman sebelum pensiun sebagai PNS tersebut.

Untuk membuktikan kinerja yang baik, lanjut Rahmang, panitia Pilwanag Serentak di Padangpariaman harus netral dalam bertugas. Lalu memiliki mental, sikap dan berprinsip kuat. Sehingga, mereka tidak bisa “ditekan” oleh pihak-pihak tidak berdak bertanggungjawab atau membuat gaduh selama pemilihan.

“Intinya panitia ikuti aturan dalam menjalani tugas. Semoga dengan begitu kita bisa bekerja dengan baik dan mendapat apresiasi dari masyarakat nagari,” tukasnya. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan