Pesta Pernikahan Sudah Bisa Digelar Warga Asalkan

  • Bagikan
Sekdako Payakumbuh dan jajaran rapat bersama Polres Payakumbuh terkait ST Kapolda Nomor 260 dan 245. Keputusannya, warga diizinkan gelar pesta pernikahan. (Foto: Istimewa)

Payakumbuh | Datiak.com – Pemerintah Kota Payakumbuh sudah menggelar rapat dengan Polres Payakumbuh terkait Surat Telegram (ST) Kapolda Sumbar Nomor 260 dan 245 tentang Petunjuk dan Arahan Pelaksanaan Izin Keramaian, Rabu (8/7). Hasilnya, warga di sana sudah diizinkan menggelar pesta pernikahan atau baralek.

Kendati begitu, sepeti dijelaskan Sekdako Payakumbuh Rida Ananda, izin keramaian seperti menggelar pesta pernikahan, tetap diatur dengan syarat berjenjang dan mematuhi protokol kesehatan.

“Warga yang hendak mengadakan resepsi pernikahan harus mengurus izin dari RT, Lurah hingga Dinas Kesehatan. Terakhir baru mengurus izin keramaian ke Polsek di wilayah tinggalnya,” ujar Rida.

Apabila ada warga yang menyelenggarakan resepsi pernikahan, tetapi tidak menjalani protokol kesahatan, SatpolPP ataupun Polisi akan tetap menindak tegas. Tentunya dengan langsung membubarkan acara.

Untuk itu, setelah dikeluarkannya izin keramaian, Rida berharap masyarakat menjaga dan mengikuti protokol kesehatan. Sehingga, pesta yang digelar tidak berdampak kepada penyebaran Covid-19.

Sedangkan Kepala Kesbangpol Kota Payakumbuh Budhy D Permana mengatakan, pihaknya hanya memiliki wewenang menerbitkan izin keramaian untuk acara kota dan acara yang berunsur politik. Di luar itu, pengurusan izinnya sesuai ketentuan yang telah ditetapkan, yakni dari RT hingga ke kepolisian.

Seperti diketahui, sebelumnya Polri telah menerbitkan larangan keramaian. Baik acara di pemerintahan ataupun di masyarakat, tidak diperbolehkan menghadirkan banyak orang. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Namun, setelah menjalani sekitar satu bulan masa new normal, kepolisian tampaknya mulai memberi lampu hijau (izin) digelarnya kegiatan atau acara yang mendatangkan banyak orang. Walau begitu, prosesnya tetap bersyarakat. Salah satunya seperti yang dilakukan di Kota Payakumbuh, warga diwajikan mengurus sejumlah izin. (da.)

  • Bagikan