Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Pertashoop Nagari Memudahkan Masyarakat Peroleh BBM

  • Bagikan
Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur saat meresmikan Pertashoop Nagari Sungai Durian. (Foto: Humas)

Padangpariaman | Datiak.com – Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menilai, keberadaan Pertashoop nagari akan sangat membantu masyarakat. Sebab, akses masyarakat mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) lebih dekat. Untuk itu, Suhatri Bur menyarankan agar Pertashoop dikelola dengan baik, karena konsumennya langsung masyarakat di nagari.

“Usaha ini (Pertashoop, Red) diakui legalitasnya karena menjalani prosedur perizinan. Jadi, masyarakat di nagari pun lebih terjamin keamananya sebagai konsumen,” ujar Suhatri Bur ketika meresmikan Pertashoop Nagari Sungai Durian beberapa waktu lalu.

Suhatri Bur turut menjelaskan bahwa Pertamina dan kementerian terkait sudah menandatangani kesepakatan, agar realisasi pembangunan Pertashoop berjalan cepat. Sehingga, harapan masyarakat untuk memperoleh BBM dengan mudah bakal terwujud dalam waktu dekat.

“Sekarang saja sudah ada di Nagari Sungai Durian. Ini sungguh menguntungkan bagi masyarakat di sini, karena tidak perlu jauh-jauh lagi mencari BBM ke SPBU,” hematnya.

Sedangkan General Manager Pemasaran Pertamina Wilayah Sumbar, Arman Nugraha mengatakan, tahapan untuk bisa bermitra dengan Pertamina membangun Pertashoop, dimulai dari proses proses pengajuan, menjalani verifikasi hingga pengurusan admin.

“Bagi yang berminat kerja sama bisnis Pertashop, bisa menyiapkan lahan atau lokasi yang sesuai, serta dilengkapi dokumen badan usaha atau badan hukum,” ujar Arman.

Setelah itu, pihaknya melakukan survei lapangan untuk melihat kelayakan dari omzet dan jarak dengan SPBU, atau lembaga penyalur Pertamina yang telah dibangun sebelumnya. “Selanjutnya pengurusan administrasi perizinan ke pemerintah daerah,” ungkapnya.

Jika sudah mencapai tahapan perizinan, calon mitra Pertamina untuk pembangunan Pertashop, sudah bisa mengajukan desain Pertashop-nya. “Berdasarkan desain itu dilakukan pembangunannya. Setelah selesai, tahap akhir yaitu kontrak kerja sama dengan Pertamina antara 10–20 tahun,” paparnya.

Sementara itu, pengelola Pertashoop Nagari Sungai Durian, Andrianto Jaya mengatakan, usahanya itu juga bekerjasama dengan Pemerintah Nagari Sungai Durian. (da.)

  • Bagikan