Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Perpanjang Pajak STNK 2023 Tanpa KTP Asli: Tak Usah Pakai Calo, Ikuti 5 Langkah Ini

Ilustrasi warga yang mengurus pajak kendaraan tahunan dan 5 tahunan. (Foto: Ist/Instagram)
378380 pembaca
Pemilik kendaraan bekas kerap terkendala dalam perpanjangan pajak. Masalahnya sederhana, yakni tidak adanya KTP pemilik kendaraan. Untungnya, perpanjang pajak STNK 2023 tanpa KTP asli bisa dilakukan. Bagaimana caranya?

BAGAIAMANA caranya perpanjang pajak STNK 2023 tanpa KTP asli? Ini biasanya menjadi pertanyaan para pembeli kendaraan bekas pada tahun lalu. Sebab, tak mungkin mereka meminjam KTP pemilik kendaraan sebelumnya, untuk dibawa berurusan ke Samsat. Terlebih lagi, si pemilik kendaraan yang lama, beda daerah dengan pemilik kendaraan baru.

Dalam artikel ini, akan diberi tips dan triknya. Sehingga, anda bisa mengurus perpanjang pajak STNK 2023 tanpa KTP asli pemilik sebelumnya. Terpatnya, tidak perlu membawa KTP asli pemilik kendaraan. Jadi, anda tak perlu cemas lagi STNK kendaraan anda tak dapat diperpanjang masa berlakunya tahun ini. Bagaimana caranya?

Ya, cara ini harus anda terapkan saat membeli kendaraan bekas. Namun bagaimana bagi anda yang sudah terlanjur membeli kendaraan bekas. Cara satu satunya, anda harus menemui kembali si pemilik kendaraan. Setelah itu, anda lakukan cara-cara berikut ini:

1. Gunakan HP Android

Perpanjang Pajak STNK 2023 Tanpa KTP Asli dengan 5 Langkah Mudah 1

Cara pertama untuk perpanjang pajak STNK 2023 tanpa KTP asli, yaitu menggunakan HP Android. Tepatnya ketika hendak transaksi kendaraan bekas atau bertemu dengan pemilik kendaraan yang anda beli. Usahakan, anda harus membawa ponsel pintar ini. Sebab, HP Android yang akan anda gunakan untuk merekam data si pemilik kendaraan.

2. Instal Aplikasi Signal

Perpanjang Pajak STNK 2023 Tanpa KTP Asli dengan 5 Langkah Mudah 2

Untuk merekam data pengurusan perpanjang pajak STNK 2023 tanpa KTP asli, anda terlebih dahulu harus download dan instal aplikasi Signal-Samsat Digital Nasional, di Play Store. Aplikasi ini resmi karena dibuat langsung oleh Korlantas Polri. Aplikasinya pun cukup ringan, lantaran berukuran 14 MB saja.

3. Registrasi Akun

Perpanjang Pajak STNK 2023 Tanpa KTP Asli dengan 5 Langkah Mudah 3

Jika sudah menginstal aplikasi Signal di HP Android anda, selanjutnya lakukan registrasi pada aplikasi tersebut. Sebelum memulai registrasi, anda mesti siapkan STNK kendaraan, dan KTP yang namanya tertara dalam STNK tersebut. Lalu, anda dapat langsung mengisi setiap kolom pada formulir registrasi/pendaftaran di aplikasi Signal itu.

Nantinya, di sesi pendaftaran aplikasi juga akan meminta rekam wajah pemilik kendaraan sesuai KTP. Maka dari itu, penting anda bertemu langsung dengan pemilik kendaraan tersebut. Jadi, anda bisa langsung meminta bantuannya untuk mengikuti rekam wajah pada aplikasi signal di HP anda.

4. Perpanjang Pajak STNK

Perpanjang Pajak STNK 2023 Tanpa KTP Asli dengan 5 Langkah Mudah 4

Jika anda sudah berhasil menjalani langkah ketiga, anda sudah dapat langsung perpanjang pajak STNK 2023 tanpa KTP asli. Untuk melakukannya, ikuti empat langkah di bawah ini:

  • Pilih “Tambah Data Kendaraan Bermotor” pada aplikai Signal anda;

  • Tentukan bentuk kepemilikan kendaraan;

  • Masukan nomor pendaftaran kendaraan motor (NRKB);

  • Terakhir, masukan 5 digit paling akhir nomor kerangka kendaraan.