Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Perluasan Bandara Rokot bakal Berlanjut Tahun 2022

Aktivitas pengerjaan perluasan Bandara Rokot, Desa Matobek, Kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai. (Foto: Istimewa)
453 pembaca


Mentawai | Datiak.com – Hujan lebat yang mengguyur Mentawai, khususnya di wilayah Pulau Sipora menyebabkan genangan air pada lokasi perluasan Bandara Rokot. Meski begitu, aktivitas pengerjaan perluasan bandara tersebut tetap berlangsung.

Wahyu (28 tahun), pengendara yang sempat menyaksikan pengerjaan bandara, kemarin (2/8/2021). Ia mengatakan, aktivitas pengerjaan perluasan Bandara Rokot tetap berlangsung meski diguyur hujan. Hal itu terlihat dari beroperasinya sejumlah alat berat yang terpantau dari Jalan Raya Rokot-Sioban.



“Meski rencana landasan pacu yang telah dikeruk untuk pengerasan digenangi air hujan, namun aktivitas pengerjaan bandara tetap berlangsung,” ungkapnya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Perluasan Bandara Rokot, Bambang, menjelaskan bahwa pihaknya belum memastikan kondisi sekarang di lapangan. Namun, dia memastikan pihak rekanan, yakni PT Adhi Karya sudah menyiapkan 2 unit pompa semenjak awal.

“Saya belum cek ke lapangan. Seharusnya tidak ada masalah. Sebab, sejak awal rekanan sudah menyiapkan 2 unit pompa air dan membuat saluran drainase sementara,” ungkapnya kepada wartawan, kemarin (2/8/2021).

iklan paralax post

Untuk bobot pekerjaan sendiri diperkirakan mencapai 40 persen. Pekerjaan akan dilanjutkan tahun 2022 mendatang. Sementara, untuk landasan bandara yang lama masih tetap bisa difungsikan. Artinya, perluasan Bandara Rokot tersebut tidak mengganggu landasan lama bandara.

Selain tidak mengganggu aktivitas penerbangan, lokasi landasan bandara yang baru juga berada cukup jauh dari landasan bandara yang lama.




Perluasan Bandara Rokot Dipastikan Lancar

Kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Mentawai, Tohap Nababan, menilai bahwa kondisi hujan deras yang mengguyur wilayah Sipora kemarin malam, tidak akan berdampak serius pada pengerjaan perluasan Bandara Rokot. Sebab pihak rekanan sudah menyiapkan sarana pompa air.

“Hal yang wajar jika air tergenang, karena lokasi landasan sudah digali (untuk kemudian dilakukan pengerasan, Red). Mereka sudah memiliki pompa air,” ungkapnya.

Sebelumnya Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet saat rapat koordinasi dengan Kepala Bandara Rokot, Senin (27/7/2021), menyampaikan agar target dan serapan anggaran pekerjaan perluasan Bandara Rokot yang diberikan Kementeian Perhubungan dapat dipenuhi.

Kemudian, dia juga meminta pihak bandara menghitung kembali pembebasan lahan dengan cermat demi kemajuan Bandara ke depannya.

Sedangkan Kepala Bandara Rokot Rudi menjelaskan, perencanaan awal dengan kondisi lapangan yang berbeda, yakni, terkait konstruksi tanah. Sehingga diadakan desain ulang dengan kondisi yang ada, dengan target fisik 45 persen tahun ini. (da.)


Temukan berita Mentawai hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

Avatar photo