Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Perkuat Produk Lokal Padang Pariaman, Bupati: Kuncinya di Masyarakat

Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, menyambut kehadiran Gubernur Sumbar, Mahyeldi, di Padang Pariaman Expo, Senin (8/1/2024). (Foto: Diskominfo Padang Pariaman)
112 pembaca

Padang Pariaman | Datiak.com – Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, mengajak warganya untuk membeli produk lokal Padang Pariaman. Ia yakin produk lokal lebih bagus dibandingkan impor.

Bahkan, sambungnya, tidak sedikit produk lokal Padang Pariaman yang justru diekspor atau diperdagangkan di negara tetangga. Misalnya saja produk berupa batik, peci, dan jibab.

“Jadi, kita harus bangga dan lebih memilih membeli produk buatan pengrajin kita,” ujar Suhatri Bur, dalam Padang Pariaman Expo, Selasa (9/1/2024).

Dengan mendukung produk lokal, menurutnya sangat besar efeknya terhadap pertumbuhan ekonomi Padang Pariaman. Selain itu, dapat semakin memperkuat branding buatan pengrajin lokal.

”Kita harus membangkitkan produk lokal Padang Pariaman, sehingga menjadi ”raja” di rumahnya sendiri. Perlahan tentunya akan menguasai pasar yang lebih luas,” hematnya.

Suhatri Bur pun lebih menekankan, bahwa kunci ekspansi produk lokal yaitu masyarakat Padang Pariaman. Jika masyarakat daerah lebih banyak membeli produk luar, risikonya akan menekan ekonomi lokal.

”Kalau produk itu ada yang buat di dalam daerah, kenapa kita mesti membeli di luar apalagi barang impor. Ini secara perlahan akan menguras putaran ekonomi lokal,” tukas lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas ini. (*)