Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Perkuat Internet di Mentawai, Telkom Kembangkan Kabel Optik

Wabup Mentawai, Kortanius Sabeleake, didampingi General Manager Telkom Witel Sumbar, Alfi Sumarta, saat peluncuran pembangunan Telkom Tuapeijat-Sioban, di Aula Bappeda Km 4, Tuapeijat, Sipora Utara, kemarin. (Sabarial/Datiak.com)
369 pembaca


Mentawai | Datiak.com – PT Telkom Indonesia Tbk mulai melakukan upgrade untuk perkuat internet di Mentawai. Seperti diketahui, sekarang internet masih sangat terbatas di Bumi Sikerei tersebut. Bahkan, belum seluruh desa di Pulau Sipora yang merupakan pusat kabupaten, mendapat akses internet.

Untuk itu, Telkom memulai langkahnya dengan membangun jaringan optik dari Tuapejat hingga Sioban. Harapannya, jaringan internet bisa dipasok maksimal untuk kebutuhan masyarakat atau perkantoran.



General Manager Telkom Witel Sumbar, Alfi Sumarta, menceritakan bahwa pengembangan telekomunikasi di Mentawai, berawal dari pembangunan jaringan optik laut. Yakni yang dibangun dari Padang hingga Tuapejat.

Jadi, di tahun 2021, dilakukan peningkatan kapasitas, guna mendorong produktivitas teknologi informatika di Tuapejat. Hal ini untuk memaksimalkan fungsi dari jaringan optik laut tersebut.

“Makanya, kita bakal membangun jaringan optik dari Tuapejat menuju Sioban. Sehingga, kawasan yang dilalui jaringan ini, bisa mendapatkan akses internet,” ucap Alfi usai peluncuran pembangunan Telkom Tuapeijat-Sioban, di Aula Bappeda Km 4, Tuapeijat, Sipora Utara, kemarin.

iklan paralax post

“Nantinya kita juga akan menyediakan hotspot yang bisa digunakan masyarakat untuk memperoleh akses internet,” imbuh Alfi.

Selama ini, imbuhnya, Telkom pelayanan Telkom di Tuapejat baru berupa Radio IT, yang dapat menjangkau hingga Pulau Siberut. Namun, pihaknya merasa tidak puas dengan itu. Sehingga, dimulailah pengembangan jaringan optik tersebut.




“Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai juga memberikan dukungan sangat besar untuk perkuat internet di Mentawai,” ungkapnya.

Setelah rampung di Pulau Sipora, pihaknya akan melanjutkan pada peningkatan jaringan optik laut di Pulau Pagai dan Siberut. Namun, ia mengungkapkan bahwa hal itu membutuhkan waktu yang panjang.

“Kita tentu harus mempelajari kontur dasar laut wilayah Siberut dan Pagai tersebut,” tukasnya.

Sedangkan Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabeleake, menilai bahwa pembangunan jaringan optik Tuapejat-Sioban, langkah maju yang dilakukan Telkom untuk perkuat internet di Mentawai.

“Jika pembangunan ini rampung di seluruh pulau di Mentawai, tentunya akan perkuat internet di Mentawai. Masyarakat pun mudah mendapatkan akses telekomunikasi,” hematnya.

Dengan begitu, imbuhnya, perkantoran ataupun usaha di pulau itu bisa lebih berkembang ke depannya. Pasalnya, internet sudah menjadi kebutuhan pokok dalam pengembangan bisnis, serta mempercepat kerja pemerintahan.

“Pembangunan jaringan ini tentunya akan menjawab harapan masyarakat yang sudah sangat lama menantikan internet memadai,” tukasnya. (da.)


Baca berita Mentawai hari ini di Datiak.com.

Avatar photo