Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Perkiraan Cuaca Sumbar, Sebagian Daerah Diguyur Hujan Lebat

  • Bagikan
Ilustrasi perkiraan cuaca Sumbar hujan lebat disertai petir.

Padangpariaman | Datiak.com – Perkiraan cuaca di Sumbar, sebagian besar kabupaten/kota bakal diguyur hujan lebat. Untuk itu, warga yang tinggal di area rawan banjir dan longsor diminta waspada.

Pasalnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Katapiang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padangpariaman, menginformasikan prediksi bakal terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang, hampir di setengan daerah di Ranah Minang tersebut.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Padangpariaman, Yudha Nugraha melalui siara pers laporan cuaca terkini di Sumbar menjelaskan, umumnya cuaca di Sumbar diprediksi berawan.

Namun, hujan ringan hingga sedang diprediksi terjadi siang hingga sore di tujuh daerah Sumbar pada Senin (6/7). Yakni di Padangpariamandan Pariaman, Agam, Pesisir Selatan, Mentawai, serta Pasaman Barat.

Potensi hujan ringan hingga sedang itu juga diprediksi berlanjut hingga malam harinya di wilayah Mentawai, Padang, dan Pesisir Selatan sekitarnya.

Kondisi itu berlanjut pada Selasa (7/4) dini hari. BMKG Padangpariaman memprediksi bakal terjadi peningkatan intensitas hujan di empat daerah. Yakni di Solok Selatan, Dharmasraya, Pessel, dan Mentawai.

Dalam laporan itu, BMKG Padangpariaman turut menjelaskan perkiraan cuaca Sumbar mulai Selasa (7/4) pagi hingga Rabu (8/4).

Mulai Selasa (7/4) pagi, diprediksi kondisi cuaca bakal berawan di sebagian besar daerah di Sumbar. Sedangkan hujan ringan sampai sedang diperkirakan terjadi di Padang, Pessel, dan Mentawai.

Untuk sore harinya, hujan ringan hingga sedang diprediksi terjadi di wilayah Agam dan Bukittinggi, Tanahdatar dan Padangpanjang, Padangpariaman, Pasbar, Kabupaten Solok, dan Pessel.

Lalu, pada malam harinya, hujan sedang hingga lebat diperkirakan mengguyur wilayah Mentawai. Sedangkan hujan ringan hingga sedang diprediksi terjadi di Padang, Padangpariaman, Pariaman, dan Pessel.

Selanjutnya, pada Rabu (8/4) dini hari, hujan sedang hingga lebat diperkirakan terjadi di wilayah Mentawai dan Pessel. Kondisi itu diprediksi bakal berlanjut hingga Rabu (8/4) pagi di dua kabupaten tersebut.

Cuaca Rabu dan Kamis

Sedangkan pada Rabu (8/4) siang sampai sore, potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi mengguyur wilayah Padang, Padangpariaman, Pariaman, Agam, Pasaman, Pasbar, Pessel, dan Mentawai. Bahkan, cuaca hujan sedang hingga lebat di sana diprediksi berlanjut hingga malam harinya.

Sedangkan pada Kamis (9/4) dini hari, diprediksi terjadi pergeseran hujan ringan hingga sedang ke Kabupaten Solok, Solsel, Sijunjung, hingga Dharmasraya. Namun, kondisi cuaca tersebut diperkirakan masih terjadi di Padang dan Pessel.

Dari keseluruhan laporan prediksi cuaca itu, BMKG Padangpariaman mengeluarkan peringatan dini, agar masyarakat di tujuh daerah di Sumbar waspada terhadap potensi hujan berintensitas sedang hingga lebat, yang disertai petir/kilat dan angin kencang pada sore hingga malam. Yakni di sekitar wilayah Padang, Padangpariaman, Pariaman, Agam, Pasbar, Pessel, dan Mentawai. (da.)

  • Bagikan