Perjuangan Berat Kota Padang Jelang New Normal

  • Bagikan
Ilustrasi: Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah ketika diwawancarai awak media sebelum adanya pandemi covid-19. (Foto: Humas)

Kabar Baik 17 Negatif, Diguncang Bertambahnya 14 Kasus Positif

Padang – Kota Padang menjalani perjuangan berat untuk lepas dari pandemi covid-19. Kota yang dipimpin Mahyeldi Ansharullah dan Hendri Septa itu berencana memasuki tahapan new normal 12 Juni 2020. Namun, kasus positif corona masih bermunculan di sana. Per Rabu (10/6), kembali terkonfirmasi 14 kasus positif covid-19 di Kota Bengkuang itu.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal, menjelaskan bahwa penambahan kasus positif berdasarkan laporan dari Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, serta Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi.

“Dari 1.112 spesimen diterima dan terperiksa dari berbagai rumah sakit se-Sumbar, terkonfirmasi tambahan warga Sumbar positif terinfeksi covid-19 sebanyak 14 orang. Semuanya dari Kota Padang,” ungkap Jasman melalui keterangan resminya.

Dominan, kasus positif covid-19 tersebut berasal dari Kecamatan Kuranji Padang. Yakni pria 51 tahun (pekerjaan Satpol PP), pria 50 tahun (pekerjaan swasta), wanita 48 tahun (pekerjaan ASN), pria 15 tahun (pelajar), wanita 35 tahun (pekerjaan ASN), wanita 14 tahun (pelajar), pria 11 tahun (pelajar), dan wanita 27 tahun (IRT).

Selain itu, imbuh Jasman, juga terdapat seorang anak laki-laki 9 tahun di Kuranji yang berstatus pelajar terinfeksi covid-19 tersebut. Sekarang, kesembilan warga Kuranji itu ditangani dengan isolasi mandiri sementara.

Lalu lima kasus positif lainnya, yaitu pria 60 tahun di Banuaran (pekerjaan swasta), wanita 28 tahun di Gunuang Pangilun (IRT), pria 19 tahun warga Ulak Karang Selatan (pedagang Pasar Raya Padang), pria 33 tahun di Gunuang Sariak (pekerjaan swasta), dan wanita 55 tahun warga Kurao Pagang (IRT). Mereka juga ditangani dengan cara isolasi mandiri sementara.

Pasien Sembuh

Di samping kabar memilukan itu, Kota Padang cukup dibuat tenang dengan adanya 17 warganya yang positif covid-19, sekarang dinyatakan negatif corona setelah menjalani tes swab. Pasien yang sembuh itu berasal dari Simpang Aru, Alai Parak Kopi, Lubuk Buaya, Gunung Sarik, Pagambiran, Banuaran, Cengkeh, Rimbokaluang, Purus, Kotoluar, Pasagadang, dan Kurao Pagang, Kuranji, dan Indarung.

Dengan begitu, jumlah positif covid-19 di Padang kini tercatat sebanyak 462 kasus. Sebanyak 95 orang dirawat, 72 orang diisolasi di rumah, 46 orang dikarantina, 22 orang meninggal, dan 228 orang dinyatakan sembuh.

Data lain yang dihimpun Datiak.com yaitu jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Padang sebanyak 368. Sebanyak 47 orang dirawat, 53 orang diisolasi mandiri, 213 negatif/sembuh/pulang, 43 kasus positif, dan 12 meninggal.

Selain itu data Orang Dalam Pengawasan (ODP) di sana sebanyak 886 orang. Sebanyak 845 orang kini masih dalam pemantauan dan 49 orang diisolasi mandiri. Lalu Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 75 orang. (da.)

  • Bagikan