Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Peringkat MAN IC Padangpariaman Tahun 2021 Naik Pesat

  • Bagikan
Peringkat MAN IC Padangpariaman 2021
Kepala, Waka, serta majelis guru MAN Insan Cendekia Padangpariaman berkomitmen terus meningkatkan prestasi. (Foto: Humas MAN IC Padangpariaman)

Peringkat MAN IC Padangpariaman terus meningkat. Bahkan, tahun ini peringkatnya melompat pesat di tingkat nasional. Hal ini tentunya membuktikan bahwa MAN Insan Cendekia (IC) Padangpariaman berhasil mewarnai kompetisi dunia pendidikan di Sumatera Barat, bahkan nasional.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Padangpariaman berada di Nagari Sintuak, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang, Padangpariaman. Madrasah tingkat nasional ini mulai melayani pendidikan tahun 2016 lalu. Setiap tahunnya, lulusan sederajat SMP/MTs, makin ramai yang ingin melanjutkan pendidikan di sana.

Tingginya peminat MAN Insan Cendekia bukan tanpa alasan. Madrasah tersebut tempat yang tepat untuk melanjutkan pendidikan setara SMA/MA, lantaran pendidikannya yang bermutu. Tidak saja untuk memperdalam nilai-nilai keagaman siswanya, tetapi juga keilmuan secara mulai, seperti sains, sosial dan ilmu bahasa.

Selain itu, sekarang MAN Insan Cendekia terus menciptakan kompetisi positif di dunia pendidikan di Sumatera Barat. Hal itu lantaran peringkat MAN IC Padangpariaman terus mengalami peningkatan secara signifikan. Baik di tingkat provinsi ataupun nasional.

Data yang dihimpun Datiak.com, berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Kompute (UTBK) versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), dari 23.110 sekolah/madrasah di Indonesia, peringkat MAN IC Padangpariaman mengalami lonjakan signifikan di tahun 2021 ini.

Untuk peringkat nasional SMA/SMK/MA, MAN Insan Cendekia Padangpariaman yang menempati posisi 156 di tahun 2020, naik ke peringkat 70 di tahun 2021 ini. Sedangkan peringkat provinsi SMA/SMK/MA yang berada di posisi 5 di tahun 2020, naik dua langkah ke posisi 3 tahun ini.

BACA JUGA:  Paripurna RPJMD 2021-2016 Padangpariaman Dimulai

Jika diukur khusus kompetisi di tingkat Madrasah Aliyah (MA), MAN Insan Cendekia Padangpariaman kini berada di peringkat 5 nasional. Sedangkan di tingkat provinsi, peringkat MAN IC Padangpariaman berada di posisi pertama di lingkup madrasah se-Sumatera Barat.

“Alhamdulillah, meskipun menjalani pembelajaran di masa pandemi, tahun 2021 ini peringkat MAN IC Padangpariaman tetap naik signifikan. Apalagi peringkat nasional dalam cakupan SMA/SMK/MA. Yakni peringkat 156 tahun 2020, naik menjadi peringkat 70 di tahun ini,” ujar Kepala MAN Insan Cendekia Padangpariaman, Hendrisakti Hoktovianus, kemarin.

Menurutnya, capaian tersebut tidak terlepas dari dukungan seluruh pihak. Mulai dari Menteri Agama (Menag), Kakanwil Kemenag Sumbar, hingga Kakan Kemenag Padangpariaman beserta seluruh jajarannya. “Terkhusus tentu berkat perjuangan keras majelis guru MAN Insan Cendekia Padangpariaman,” kata Hendri –sapaan Hendrisakti Hoktovianus–, yang didampingi Waka Bidang Humas MAN IC Padangpariaman, Alwis.

Tidak hanya itu, lanjutnya, peningkatan peringkat MAN IC Padangpariaman juga tidak terlepas dari prestasi peserta didiknya. Contohnya di tahun ini, sebanyak 5 orang siswanya kembali dipilih untuk mewakili Sumatera Barat pada Kompetisi Sains Nasional (KSN).

BACA JUGA:  Pemerkosaan di Padang pada 5 Agustus 2021 Bisa Melegenda
Peringkat MAN IC Padangpariaman tahun 2021
Para MAN Insan Cendekia Padangpariaman saat melakukan studi di Pagaruyuang, Kabupaten Tanahdatar. (Foto: Humas MAN IC Padangpariaman)

“Siswa kita yang mewakili Sumatera Barat di KSN nanti yaitu Rahmad Dwirizki Olders (bidang studi Informatika), Wahyu Aulia Kurniawan (Geografi), Selly Elysia dan Kurniawan Saputra (Astronom), serta Assyifa Rahmi (Fisika). Semoga ini semakin mendorong peningkatan peringkat MAN IC Padangpariaman ke depan,” jelasnya.

Ia berharap langkah peserta didiknya tersebut dimudahkan nantinya. Sehingga, MAN Insan Cendekia Padangpariaman semakin bersinar di kancah nasional. ”Kita selalu melakukan evaluasi. Hal itu agar kita bisa mempertahankan dan mencapai hasil yang lebih baik setiap tahunnya,” ucapnya.

Evaluasi ke arah yang lebih baik terus dilakukan, lantaran Hendri menyadari bahwa MAN Insan Cendekia Padangpariaman tidak saja diminati lulusan SMP/MTs sederajat di Sumatera Barat, tetapi dari berbagai daerah di Indonesia.

“Peningkatan peringkat MAN IC Padangpariaman ini, kita harapkan menjadi motivasi untuk internal kita serta para pelajar yang berminat melanjutkan pendidikan di MAN Insan Cendekia ini,” tukasnya.

Madrasah Idaman

Wawancara yang dilakukan Padang Ekspres dengan sejumlah pelajar SMP/MTs di Padangpariaman, memang terbilang banyak pelajar yang berminat melanjutkan pendidikan di MAN Insan Cendekia Padangpariaman. Para wali murid pelajar setingkat SMP/MTs tersebut, juga cukup banyak yang mengimpikan anaknya bisa melanjutkan pendidikan di MAN IC Padangpariaman itu.

“Rugi rasanya ada madrasah berkualitas di daerah kita, kalau anak kita tidak melanjutkan pendidikan di sana. Makanya, saya selalu memotivasi anak saya untuk gigih belajar, agar bisa melanjutkan pendidikan di MAN IC Padangpariaman tahun depan,” ungkap Rusmaini, 38, salah seorang warga Lubukalung.

BACA JUGA:  Sekolah di Solsel yang Ditutup Sebanyak 12 SD dan 4 SMP

Dari informasi yang didapatkannya selama ini, untuk bisa masuk di MAN Insan Cendekia Padangpariaman memang tidak mudah. Anak-anak perlu dipersiapkan sematang mungkin, karena persaingannya skala nasional. “Walaupun kuotanya sedikit, setidaknya berusaha dululah. Jadi, anak-anak kita ada motivasi belajar,” tukasnya.

Terpisah, salah seorang pelajar di Pauhkamba, Putri Aisyah, 13, mengatakan dirinya sangat mengidamkan bisa melanjutkan pendidikan di MAN Insan Cendekia Padangpariaman ke depan. “Kalau kata kakak saya, MAN Insan Cendekia itu sangat bagus untuk melanjutkan pendidikan, karena berbeda dengan MAN umumnya. Makanya saya sangat tertarik,” ucapnya.

Menyikapi tingginya peminat MAN Insan Cendekia Padangpariaman, Hendri mengatakan bahwa kuncinya yaitu kesungguhan dalam mempersiapkan diri. Lalu kesungguhan SMP/MTs dalam mempersiapkan lulusannya. Sehingga, pesiapan dilakukan sudah sejak peserta didik di kelas 7 SMP/MTs.

“Kita selalu sosialisasi ke SMP/MTs sederajat bagaimana persiapan untuk bisa melanjutkan pendidikan ke MAN Insan Cendekia. Rencana kita ingin memotivasi juga mulai dari tingkat SD ke depannya,” tutup Hendri. (da.)


Temukan berita Padangpariaman hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan