Iklan Melayang
Iklan Melayang

Perguruan Tinggi di Mentawai Tawarkan Ijazah Kampus Negeri

  • Bagikan
Perguruan Tinggi di Mentawai
Pihak Disdikbud Kepulauan Mentawai dan AK memperlihatkan brosur kampus AK. Seperti diketahui, AK satu-satu perguruan tinggi di Mentawai yang membuka program studi dari Politenik Negeri Lampung. (Foto: Sabarial/Datiak.com)
banner 468x60

Mentawai | Datiak.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai terus mengupayakan penyediaan fasilitas pendidikan memadai untuk generasi mudanya. Salah satunya dengan membangun kerja sama untuk pembukaan cabang perguruan tinggi di Mentawai.

Kerja sama pendidikan tinggi yang saat ini sudah terbangun di sana yaitu dengan Politenik Negeri Lampung. Kampus rintisan Akademi Komunitas tersebut, menyediakan dua program studi. Yakni Budidaya Perikanan dan Teknologi Pangan.

banner 336x280

Memang, kedua program studi itu masih di tingkat diploma II. Namun, sudah sangat membantu lulusan SMA sederajat di Mentawai, yang berminat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Apalagi, kedua prodi yang disediakan, sangat menyangkut dengan kebutuhan alam Mentawai.

“Sekarang kampus kita menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Mentawai. Jadi, sudah pasti akan membantu lulusan SMA sederajat di sini, untuk lebih mudah melanjutkan pendidikannya,” hemat Humas AK, Erik Virmando, saat sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru di Kecamatan Sipora Selatan beberapa waktu lalu.

Pria yang juga berprofesi sebagai dosen apresiasi komputer di kampus tersebut, menjelaskan bahwa sangat banyak keuntungan yang bisa diperoleh putra-putri Mentawai jika kuliah di AK. Salah satunya, ijazah yang mereka peroleh dari Politeknik Negeri Lampung.

“Kuliah di dalam daerah sudah pasti lebih ringan biayanya. Penyerapan materi juga bisa kita lakukan dengan langsung belajar di alam Mentawai. Jadi, lulusan AK pasti bisa menerapkan dengan baik keilmuannya sesuai kebutuhan Mentawai ke depan, khususnya di bidang perikanan dan pertanian,” cermatnya.

Untuk itu, imbuh Erik, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mentawai bersama pihaknya sekarang gencar menyosialisasikan AK ke 10 kecamatan yang ada di Bumi Sikerei itu. Mulai dari dosen hingga teknisi AK pun diterjunkan dalam program sosialisasi tersebut.

“Kita sosialisasi dengan terjun langsung ke lokasi, karena di daerah kepulauan ini kan komunikasi via teknologi informasi (internet atau telepon, Red) masih terbatas,” tukas Erik.

Respon Masyarakat

Keberadaan perguruan tinggi di Mentawai sangat disambut prositif oleh masyarakat. Contohnya yang disampaikan oleh Tiranus Saumanuk, salah seorang tokoh masyarakat di Sao, Desa Bosua, Kecamatan Sipora selatan. Terlebih, AK menyediakan program penerimaan mahasiswa baru secara gratis.

“Masih banyak masyarakat kita yang memang sulit menguliahkan anak-anaknya ke luar Mentawai. Hal itu memang karena kondisi perekonomian mereka,” ungkap Tiranus.

Untuk itu, ia yakin masyarakat Mentawai sudah tentu sangat berterima kasih kepada AK, karena sudah mampu membuka cabang program studi Politenik Negeri Lampung di Mentawai. “Semoga keberadaan peguruan tinggi rintisan AK ini, mampu membantu meningkatkan jumlah lulusan perguruan tinggi di Mentawai,” harapnya. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan