Pengelolaan Dana Desa Solsel Terbaik

  • Bagikan
Kepala Bidang Pembina Pelaksanaan Anggaran II Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sumbar, Abdul Lutfi, menyerahkan penghargaan pengelolaan dana desa Solsel kepada Sekdakab Solsel, Fidel Efendi. (Foto: Istimewa)

Solok Selatan | Datiak.com – Kepala Bidang Pembina Pelaksanaan Anggaran II Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sumbar, Abdul Lutfi, menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel). Hal itu lantaran pengelolaan dana desa Solsel dinilai sangat bagus.

Penghargaan itu diterima oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Solsel, Fidel Efendi, Selasa (22/12) lalu. Fidel merasa sangat termotivasi dengan capaian prestasi tersebut, karena bagusnya kinerja pengelolaan anggaran desa oleh Pemkab terlebih nagari di Solsel.

“Kita berharap capaian ini tetap terjaga di tahun 2021. Bahkan, kita harus berusaha pengelolaan dana desa Solsel yang baik lebih ditingkatkan lagi setiap tahunnya,” harap Fidel ketika ditanyai soal penghargaan yang diterimanya awal pakan lalu tersebut.

Selain kinerja baik dalam penyaluran dana desa, Kabupaten Solsel juga mencapai kinerja terbaik dalam proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) sejak April sampai Desember 2020. Capaian terbaik se-Sumbar, berdasar hasil penilaian terbaik dalam pengelolaan dana desa dari 14 kabupaten/kota yang mengelola dana tersebut di Sumbar.

Ia berharap Solsel bisa memacu dan meningkatkan tata kelola dana desa lebih baik di tahun 2021. Bahkan lebih tepat dalam penyaluran sehingga dirasakan oleh masyarakat. Untuk itu, pihaknya mengajak dinas terkait untuk mengisi data debitur potensial dinas untuk memperoleh stabilitas kredit usaha rakyat (KUR).

“Ini untuk menentukan siapa debitur yang berhak menerima KUR bagi pelaku UMKM. Ini menguntungkan. Dengan suku bunga 6 persen sangat membantu UMKM di daerah,” ucapnya.

Terpisah, Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Solsel Andi Mahardika mengatakan dalam ketepatan dan akuntabilitas perhitungan sisa anggaran dan pemanfaatannya, Solsel mempertimbangkan akurasi yang terbaik.

“Penghargaan ini merupakan hasil kinerja dan kerja keras semua elemen dan stakeholder terkait di Solsel. Bagaimana di tahun 2021 Solsel bisa mempertahankan,” harapnya. (da.)

  • Bagikan