Rabu, 28 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Pengelolaan Arsip Panwascam Penting untuk Permudah Sengketa Pemilu 2024

Bawaslu Padang Pariaman usai mengadakan RDK penguatan tata kelola arsip untuk Panwas Kecamatan, di Kantor Bawaslu Padang Pariaman, di Nagari Pauah Kamba, Kecamatan Nan Sabaris, Minggu (31/12/2023). (Foto: Bawaslu Padang Pariaman)
124 pembaca

Padang Pariaman | Datiak.com – Pengelolaan arsip Panwascam (Panwaslu Kecamatan) di Padang Pariaman terus diperkuat. Akhir tahun (31/12/2023), Bawaslu Padang Pariaman melakukan Rapat Dalam Kantor (RDK) terkait penguatan tata kelola arsip untuk Panwascam di Padang Pariaman.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan, dan Pelatihan Bawaslu Sumbar, Febrian Bartez, yang hadir dalam RDK penguatan pengelolaan arsip Panwascam di Padang Pariaman itu menegaskan, pentingnya pengelolaan arsip Panwascam.

“Manajemen arsip yang baik sangat penting dan memiliki peran vital dalam tugas Bawaslu terkait tata kelola dan penyelesaian sengketa pemilu,” ujar Febrian saat memberikan kata sambutannya.

Ia berbagi pengalaman dari kunjungan pengawasan rutinnya ke kecamatan di Sumbar, untuk memastikan pengelolaan arsip Panwascam berjalan dengan baik.

“Kadang-kadang, saya meminta Panwas mencari arsip terkait rekrutmen Panitia Pengawas Kecamatan (PKD) untuk melihat seberapa cepat mereka menemukan arsip. Jika memakan waktu lama dan masih bingung, itu menandakan tata kelola arsip yang kurang baik,” ungkapnya.

pengelolaan arsip panwascam penting untuk permudah 1
Penyampaian materi tata kelola arsip untuk Panwas Kecamatan di Padang Pariaman. (Foto: Bawaslu Padang Pariaman)

Febrian pun menekankan pentingnya peningkatan kapasitas institusional Bawaslu melalui kerja kolektif dan kolegial, dengan menekankan perlunya bekerja secara menyeluruh untuk kebaikan institusi, daripada hanya berfokus pada divisi masing-masing.

Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar, Karnalis Kamaruddin, juga memberikan arahan dalam rapat itu. Ia menyoroti pentingnya upaya berkelanjutan untuk memperbaiki tata kelola arsip, bahkan di kantor yang masih kekurangan sarana dan prasarana.

“Kami berharap rekan-rekan di kabupaten dan kota terus berupaya menyusun arsip sesuai dengan klasifikasi yang benar. Baik itu di kabinet arsip maupun kotak arsip, untuk memastikan pelestarian dan ketahanan berkas kita. Hindari menumpuk arsip dalam karung dan menyimpannya di gudang,” jelasnya.

pengelolaan arsip panwascam penting untuk permudah 2
Peserta dan pemateri kegiatan tata kelola arsip untuk Panwas Kecamatan di Padang Pariaman, bersama Koordiv dan Kasek Bawaslu Sumbar, serta Koordiv dan Kasek Bawaslu Padang Pariaman. (Foto: Bawaslu Padang Pariaman)

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Padang Pariaman, Azwar Mardin, menyatakan niatnya untuk terus memperbaiki tata usaha kearsipan karena dianggap sebagai kegiatan yang sangat membantu lembaga sepanjang waktu.

“Kami berkomitmen untuk terus memajukan lembaga kami dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia baik di Bawaslu kabupaten maupun Bawaslu Kecamatan. Ini melibatkan pengelolaan arsip secara detail dan teliti berdasarkan jenisnya,” terang Azwar Mardin, yang sebelumnya merupakan wali nagari berprestasi dari IV Koto Amal.

Acara ditutup dengan pembekalan dan pelatihan oleh staf Divisi Sumber Daya Manusia Bawaslu Provinsi, Heri, dan Riri. (*)