Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Pengadaan Bibit Sapi di Mentawai kembali Ditender 2022 Ini

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kepulauan Mentawai, Hatisama Hura, mengatakan bahwa tahun ini Pemkab Mentawai kembali mengalokasikan pengadaan bibit sapi. (Foto: Sabarial/Datiak.com)
430 pembaca

Mentawai | Datiak.com – Sempat pengadaanya batal pada tahun 2021, tahun ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kepulauan Mentawai kembali melakukan pengadaan bibit sapi. Alokasi anggaraanya yang semula melalui pokok pikiran (pokir) DPRD, tahun ini murni dari APBD Mentawai Tahun 2022 dengan pagu anggaran sekitar Rp 999 juta.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kepulauan Mentawai, Hatisama Hura, membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, pengadaan bibit sapi tersebut merupakan laniutan dari kegiatan tahun lalu yang sempat batal, karena terkendala harga sapi yang terlalu tinggi.

“Tahun ini kita kembali melakukaan pengadan sapi untuk dibagikan kepada 8 kelompok petani atau peternak Kepulauan Mentawai. Lebih banyak dari tahun sebelumnya yang direncanakan hanya untuk 6 kelompok. Mudah-mudahan kegiatan bisa berjalan maksimal,” ungkapnya.

Menurutnya, penyebab gagalnya pengadaan sapi pada tahun lalu, selain disebabkan tingginya harga sapi yang berdekatan dengan saat hari raya haji, juga waktu pengadaan juga sudah mepet. Makanya, tahun ini pengadaan sapi dipercepat sebelum lebaran haji.

Di samping itu, lanjutnya, masih banyak legalitas kelompok tani calon penerima yang belum lengkap. Termasuk juga surat keterangan terdaftar pada Kesbangpol Kepulauan Mentawai. Untuk itu, dia berharap agar calon kelompok penerima sapi yang belum memenuhi persyaratan untuk segera dapat melengkapinya.

Untuk jumlah pengadaan bibit sapi sendiri berjumlah 69 ekor lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 46 ekor. Katanya, ternak sapi yang akan masuk ke Mentawai nantinya juga mesti melalui prosedur, seperti harus sapi yang sehat dan melewati proses karantina sebelum diberangkatkan ke Mentawai. (da.)

Baca berita Mentawai hari ini di Datiak.com.

Avatar photo