Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Penerbitan SK Lahan Batalyon Kesehatan di Tarok City Dikebut

  • Bagikan
Ali Mukhni dan Jonpriadi ketika membahas soal penerbitan SK peruntukan lahan Batalyon Kesehatan di Tarok City. (Foto: Datiak.com)

Padangpariaman | Datiak.com – Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni meminta Sekretaris Daerah Kabupaten Padangpariaman, Jonpriadi, mendorong mempercepat penerbitan SK (Surat Keputusan) peruntukan lahan Batalyon Kesehatan di Tarok City. Pasalnya, Kodam I/Bukit Barisan sudah menyediakan anggaran pembangunan Batalyon tersebut.

“Batalyon Kesehatan ini sebenarnya akan dibangun di tiga titik di Indonesia. Yakni di Papua, Makassar dan Sumbar. Untuk Sumbar, Tarok City dipilih sebagai lokasinya,” ungkap Ali Mukhni di ruang kerjanya, kemarin.

Nantinya, Batalyon Kesehatan Tarok City tersebut, difungsikan untuk pelayanan Wilayah Sumatera. Pemilihan Tarok City sebagai lokasinya, karena posisinya di episentrum Sumbar. “Insya Allah SK peruntukan lahannya kita terbitkan Senin (25/1). Jadi, sertifikat tanahnya bisa cepat diterbitkan,” ungkap bupati peraih Satya Lencana Pembangunan itu.

Apabila sertifikat tanahnya terbit, imbuh Ali Mukhni, Batalyon Kesehatan di Tarok City dipastikan langsung dibangun. Sebab, anggarannya sudah dialokasikan untuk tahun 2021 ini. “Kabarnya di Papua dan Makassar belum memperoleh lahan. Jika sertifikat di sini sudah terbit, berarti ini akan menjadi Batalyon Kesehatan pertama di Indonesia,” imbuh Ali Mukhni.

Menurutnya, keberadaan Batalyon Kesehatan yang akan dibangun oleh TNI sudah tentu sangat membantu Padangpariaman ke depannya. Sebab aka nada alat-alat medis canggih tersedia di sana. “Batalyon ini sangat besar manfaatnya, karena cakupannya itu Pulau Sumatera. Artinya, kesiapan peralatannya pasti lengkap, karena fokusnya untuk penanganan bencana juga,” pungkas Ali Mukhni.

Menyikapi instruksi Ali Mukhni, Jonpriadi memastikan akan mendorong OPD terkait untuk mempercepat penerbitan SK tersebut. Sehingga, SK sudah bisa diserahkan kepada pihak Kodam I/Bukit Barisan, Senin (25/1). “Pembangunan Batalyon Kesehatan itu membutuhkan lahan 50 hektar pak. Kita sudah memetakan lahan di Tarok City yang akan kita peruntukkan,” kata Jonpriadi mendapat anggukan Ali Mukhni.

Jonpriadi turut membenarkan bahwa keberadaan Batalyon Kesehatan sangat bermanfaat ke depannya. Dari lahan yang dibutuhkannya saja, sudah terbayangkan besar fasilitas kesehatan yang akan dibangunnya. “Setidaknya pasti ada rumah sakit juga di sana nantinya,” hemat Jonpriadi turut dibenarkan oleh Ali Mukhni. (da.)

  • Bagikan