Penduduk Miskin di Padang Bertambah 144 Ribu Jiwa

  • Bagikan
Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Arfiadi. (Foto: Istimewa)

Padang – Jumlah penduduk miskin di Kota Padang bertambah sebanyak 144 ribu orang. Hal itu dinilai karena dampak pandemi Covid-19 yang terjadi tiga bulan belakang. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Arfiadi.

Arfiadi menjelaskan bahwa penambahan jumlah penduduk miskin di Kota Padang, diduga karena banyaknya aktivitas pekerjaan yang dipindahkan ke rumah, serta penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah yang berdampak pada sektor usaha.

“Mayoritas disebabkan banyak usaha terhenti sejak penerapan PSBB. Sehingga, aktivitas usaha semakin lesu dan muncul penambahan penduduk miskin,” hematnya.

Sebelum merebaknya Covid-19, imbuh Arfiadi, jumlah penduduk miskin di Kota Padang 240 jiwa. Namun, virus corona menambahnya sebanyak 144 ribu orang. Kini, jumlah warga miskin di sana menjadi 384 orang.

“Data penduduk miskin sebelum Covid-19 yang berjumlah 240 jiwa, terangkum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” jelasnya.

Untuk itu, ia berharap diberlakukannya tatanan hidup baru atau new normal di Kota Padang, dapat menumbuhkan kembali perekonomian masyarakat. Sebab, aktivitas masyarakat termasuk dunia usaha, sudah mendapatkan kelonggaran. Namun, masyarakat tetap diminta mematuhi protokol kesehatan. (da.)

  • Bagikan