Pendaftaran di Website PPDB Online di Sumbar masih Sulit

  • Bagikan
Website PPDB Online di Sumbar
Website PPDB Online di Sumbar masih sulit diakses tim Datiak.com pada Selasa (22/6) sekitar pukul 02.10 WIB. (Foto: Screnshot Website PPDB Online Sumatera Barat)

Padang | Datiak.com – Website PPDB Online di Sumbar untuk tingkat SMA dan SMK, sempat mengalami gangguan sehingga sulit diaksesnya website dengan alamat https://ppdb.sumbarprov.go.id/ tersebut. Kondisi itu tentunya membuat resah para calon peserta didik yang hendak mendaftar. Terbukti dengan ramainya keluhan yang mereka sampaikan lewat media sosial Instagram @kominfosumbar, kemarin (21/6).

Bahkan, informasi yang dihimpun Datiak.com, sejumlah orangtua calon peserta didik tingkat SMA dan SMK tersebut, sempat mendatangi sekolah yang hendak tujuan anaknya, untuk mempertanyakan persoalan website PPDB Online di Sumbar yang eror.

Terjadinya gangguan tersebut diakui oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Sumatera Barat, Jasman Rizal, kemarin. Katanya, kejadian itu lantaran website Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Sumatera Barat diserang oleh hacker (peretas).

BACA JUGA:  Saking Akrab, Anak Panti Asuhan Anggap Ali Mukhni Ayah

“Serangan hacker ke website itu tercatat dilakukan sebanyak tiga kali. Beruntung kita bisa mengendalikan kembali pada pukul 14.00 WIB,” ujar Jazman Rizal kepada awak media.

Jasman Rizal mengungkapkan bahwa pihaknya sudah mendeteksi hacker yang mengganggu website PPDB Online Sumatera Barat tersebut. Untuk itu, ia memperingatkan agar peretas tidak main-main dengan hal itu.

“Ini menyangkut masa depan anak bangsa. Jadi jangan coba jadikan permainan,” ujar Jasman Rizal memperingati para hacker.

Kondisi Website PPDB Online di Sumbar

Seperti diketahui, kemarin (21/6) adalah hari pertama pendaftaran calon peserta didik untuk tingkat SMA dan SMK di website PPDB Online di Sumbar tersebut. Kuota yang disediakan untuk penerimaan calon peserta didik SMA dan SMK di Sumbar dalam situs itu sebanyak 89,281.

BACA JUGA:  Nenek di Bukittinggi Dirampok saat Jalan Sendirian

Pantauan Datiak.com, per Selasa (22/6) sekitar pukul 02.06 WIB, tercatat sebanyak 23,061 orang calon peserta didik yang sudah berhasil mendaftar di website PPDB Online di Sumbar itu. Kondisi website tersebut masih berat ketika halaman pendaftarannya di https://pendaftaran.ppdb.sumbarprov.go.id/registration/account, dicoba akses oleh tim Datiak.com.

Kendati begitu, tampak bahwa pergerakan jumlah calon peserta didik yang berhasil melakukan pendaftaran tetap terus bertambah dalam laporan statistik pada beranda website tersebut. (da.)


Informasi Sumatera Barat dan Minangkabau dalam berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan