Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Pencurian Onderdil Mobil Dinas di Solok Selatan Diselidiki

  • Bagikan
Tim Satreskrim Polres Solsel saat melakukan penyelidikan terkait pencurian onderdil mobil dinas di halaman Kantor Bupati Solsel. (Foto: Istimewa)

Solok Selatan | Datiak.com – Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor (Polres) Solok Selatan (Solsel), menyelidiki kasus pencurian onderdil mobil dinas (mobnas) yang terparkir di depan Kantor Bupati Solsel. Petugas pun melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), lalu mengambil rekaman CCTV di sejumlah titik di depan kantor tersebut.

Setelah diperiksa, ternyata rekaman video dalam CCTV itu sudah dihilangkan. “Terkait kasus pencurian onderdil mobil dinas ini kami masih selidiki. Anggota juga sudah memeriksa sejumlah komponen mesin. Memang banyak yang hilang,” kata Kasatreskrim Polres Solsel, Iptu M Arvi, Kamis (15/10).

Peralatan mesin mobil dinas merek Ford Ranger yang hilang tersebut, di antaranya turbo, injektor, pump fuel, switch power windows, dan fiber. Untuk menyediki itu, pihaknya menurunkan personel yang dikomandoi KBO Reskrim Ipda Meri Zahardi, Kanit Tipiter Bripka Tomi Yudha Timuria, serta Kanit Opsnal Ipda Budi Saputra.

BACA JUGA:  Pendaftaran Penerima Bantuan Presiden Diperpanjang

Dari laporan yang diterima pihaknya, pencurian itu diduga dilakukan oleh salah seorang pegawai yang ada di sana. “Kami nantinya pasti akan sampaikan hasil penyelidikan ini kepada rekan-rekan pers. Semoga kita bisa mengungkap pelakunya dalam waktu dekat,” ucapnya.

Atas tindakan pencurian tersebut, Sekrestaris Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Solsel, Marfiandika menaksir kerugian yang dialami Pemkab Solsel sekitar Rp 50 juta. “Kami sepenuhnya menyerahkan kasus ini kepada pihak yang berwajib,” katanya.

Sampai kasus itu terselesaikan, pihaknya pun belum bersedia menerima mobil dinas yang kehilangan sejumlah onderdil itu, dikembalikan oleh pihak terkait atau yang kini bertanggung jawab dalam penggunaannya. “Jadi kami harus menunggu dulu ada hasil dari kepolisian,” ujarnya.

BACA JUGA:  Judi Biliar di Mentawai Menyeret Perangkat Desa dan Honorer

Sementara itu, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Solsel, Jasman Rizal juga mengaku sudah mendapat laporan terkait hilangnya onderdil mobil dinas tersebut. Untuk itu, ia memastikan akan mendukung penuh pihak kepolisian untuk mengungkap kasus yang merugikan negara itu.

“Saya berharap agar seluruh pihak dapat bekerja sama dengan membantu pihak kepolisian melakukan penyelidikan. Sehingga permasalahan ini tuntas dengan ditemukannya pelaku tindakan melanggar hukum tersebut,” ajak Jasman. (da.)

  • Bagikan