Rabu, 28 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Pencurian Motor di Mentawai, Memang Mau Dilarikan ke Mana?

Tersangka NS (duduk) beserta barang bukti atau kendaraan milik korban yang sudah diamankan di Mapolres Mentawai. (Sabarial/DatiakFoto)
344 pembaca

Mentawai | Datiak.com – Ada-ada saja, seorang pria berinisial NS (31 tahun) diduga melakukan pencurian motor di Mentawai. Tepatnya motor milik seorang warga Dusun Karoniet, Desa Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara. Ia pun dengan mudah ditemukan polisi, meski sudah lari ke ujung Pulau Sipora.

Seperti diketahui, Mentawai merupakan daerah kepulauan. Sipora adalah pulau yang menjadi pusat kabupatennya. Hanya dua dermaga kapal umum di Sipora. Yakni di Desa Tuapejat dan Desa Sioban. Jadi, sangat nekad apabila ada orang melakukan pencurian motor di Mentawai.

Hal itulah yang tampaknya dicoba oleh NS. Dia diduga melarikan kendaraan salah seorang warga Tuapejat. Tentunya, jajaran Polres Mentawai dengan mudah mendapatkan NS, meski saat itu ia berada di ujung pulau di Kecamatan Sipora Selatan.

“Tersangka beserta kendaraan korban kita temukan di Desa Bosua,” ujar Kasatreskrim Polres Mentawai, Iptu Donny Putra, Selasa (12/7/2022).

Ia pun menjelaskan kronologi dugaan pencurian kendaraan roda dua tersebut. Awalnya, korban memarkirkan sepeda motornya di depan rumah pada Rabu malam (6/7/2022). “Korban lupa mencabut kunci motor saat terparkir itu,” kata Iptu Donny.

Alhasil, sambungnya, pagi sekitar pukul 05.30 WIB pada Kamis (7/7/2022), korban melihat motornya itu sudah hilang. Sehingga, korban pun langsung melaporkannya ke Polres Kepulauan Mentawai. “Mendapat laporan itu, petugas pun langsung melakukan penyelidikan,” ucapnya.

Berselang 4 hari, yakni pada Senin (11/7/2022) sekitar pukul 14.00 WIB, pihaknya mendapat informasi terkait keberadaan tersangka beserta motor korban. “Saat itu tersangka dikabarkan terlihat menggunakan motor korban di Desa Bosua,” ungkap Iptu Donny.

Setelah melakukan pengintaian di Desa Bosua, ternyata benar tersangka dan motor korban berada di sana. Petugas pun langsung meringkus tersangka, serta mengamankan motor korban.

“Setelah itu, tersangka langsung diangkut ke Mapolres Mentawai guna menjalani proses hukum lebih lanjut,” kata Kasatreskrim.

Dalam kesempatan itu, Iptu Donny pun mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dengan tindak pencurian motor di Mentawai. Sebab, kejadian pencurian tersebut bukan yang pertama kalinya.

“Kami mengimbau masyarakat tidak sembarangan memarkirkan kendaraan. Terlebih membiarkan kunci tergantung di motor,” tukas Iptu Donny.

Informasi yang diperoleh Datiak.com, tersangka yang pencurian motor di Mentawai itu, tercatat sebagai warga Desa Saureinuk, Kecamatan Sipora Selatan. (da.)


Avatar photo