Pemudik Sumbar Harus Tahu Titik Kemacetan Berikut Ini

  • Bagikan
pemudik sumbar tahun 2022
Ilustrasi kemacetan saat mudik Lebaran. Pemudik Sumbar harus mengetahui titik macet menuju Sumbar. (Foto: Ist)

Padang | Datiak.com – Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat meramalkan aktivitas pemudik Sumbar bakal meningkatkan jumlah kendaraan di jalanan sekitar 500 ribu unit. Angka ini bersamaan dengan adanya banyak pemudik Sumbar yang akan masuk ke Sumbar dalam jumlah ditaksir capai 1 hingga 8 juta orang.

Berkaitan tambahan itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumbar Heri Nofiardi menjelaskan, bisa terjadi kemacetan di sejumlah lokasi. Menurut dia, perantau cenderung pilih mudik lewat jalan darat karena kenaikan harga ticket pesawat. “Kita menyaksikan bisa terjadi kemacetan (di sejumlah lokasi),” ucapnya.

Kemacetan di sejauh jalur ke Sumbar dikarenakan oleh batas jalan yang kecil. Disamping itu, teritori jalan yang naik dengan kemiringan yang ekstrim seperti Sitinjau Lauik pasti akan macet. Apalagi, sepanjang mudik, jalanan akan dipenuhi kendaraan tipe truk. Berkaitan dengan itu, berikut beberapa lokasi yang diprediksikan akan macet saat mudik:

Jalur Barat

Teritori ini sebagai lajur yang menyambungkan Sumbar dengan Bengkulu dan Sumbar dengan Sumatera Utara. Tetapi kepadatan lalulintas diprediksikan akan terjadi dari arah Selatan, persisnya teritori Pesisir Selatan.

Saat melalui teritori ini, pemudik akan hadapi macet pertama di teritori Tarusan. Selanjutnya diikuti dengan kemacetan di teritori Bungus Teluk Kabung dan Gema.

Jalur Tengah

Pada teritori ini, pemudik yang tiba dari arah Selatan, akan hadapi macet pertama kalinya saat masuk Kota Solok. Selanjutnya macet diprediksikan terjadi di pertigaan Lubuk Selasih, Sitinjau Lauik dan Indarung.

Sementara pemudik Sumbar dari arah Utara akan alami macet dimulai dari Payakumbuh, Bukittinggi, Padang Panjang dan Lubukalung.

Lintasi Timur

Teritori ini tidak berbeda jauh dengan lajur lintasi tengah. Karena, banyak kendaraan yang tiba dari lajur Timur selanjutnya tergabung dengan kendaraan dari lintasi tengah di Sawahlunto, dan Kota Solok. Begitupun untuk pengendara yang tiba dari arah Utara Sumatera. Penumpukkan kendaraan diprediksikan terjadi dimulai dari Payakumbuh.

Begitu lokasi yang diprediksikan akan macet saat mudik Lebaran 2022 di Sumbar. Pemudik Sumbar harus arif tentukan waktu perjalanan cukup tidak terjerat macet. Perjalanan malam sampai dini hari benar-benar disarankan. (da.)

Baca berita Sumatera Barat hari ini di Datiak.com.

  • Bagikan