Pemko Pariaman bakal Bangun Museum Kereta Api

  • Bagikan
Wako Pariaman melihat gerbong yang akan digunakan untuk museum kereta api. (Foto: HUmas)

Pariaman | Datiak.com – Pemerintah Kota Pariaman terus mempersiapkan rancangan museum kereta api. Salah satunya dengan meminta dukungan PT Kereta Api Indonesia (KAI), agar memberikan dukungan lokomotif dan gerbong.

“Permintaan (lokomotif dan gerbong, Red) ini sudah kita sampaikan kepada PT KAI. Alhamdulillah direspons baik,” ujar Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Sabtu (1/8).

Dengan hadirnya museum kereta api, Genius optimis bisa menjadi daya tarik baru bagi wisatawan berkunjung ke Pariaman.

“Kita membangun berencana museum ini, karena Pariaman punya sejarah perkereta apian,” katanya.

Sejarah itu, imbuhnya, dimulai sekitar tahun 1891, saat dibangunnya stasiun dan jalur kereta di Pariaman. Pembangunan itupun rampung sekitar tahun 1894. Sedangkan penggunaannya baru dimulai tahun 1908 oleh Belanda.

“Stasiun Pariaman ini telah dicatat sebagai cagar budaya di Kota Pariaman,” kata Genius.

Kadivre II PT KAI Wilayah Sumbar, Insan Kesuma, membenarkan pihaknya telah menyetujui permintaan Wako Pariaman, terkait lokomotif dan gerbong yang akan dijadikan museum kereta api di Kota Pariaman.

“Lokomotif yang kami siapkan yaitu lokomotif BB 303 78 10. Lokomotif ini sudah memasuki purnabakti, karena dibuat tahun 1978,” ujarnya.

Sedangkan gerbong yang akan diserahkan pihaknya, salah satu gerbong kereta api yang sempat viral. Yakni gerbong bermerek Dang Tuangku yang dibuat tahun 1958.

“Kami siap membantu pengangkutan lokomotif dan gerbong ini menuju Stasiun Kota Pariaman,” ucapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mempunyai tenaga ahli desain. Sehingga, museum tersebut bernuansa semasa kereta api di puncak kejayaannya nantinya. (da.)

  • Bagikan