Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Pemkab Padangpariaman Hibahkan Rp 1 Miliar untuk TMMD

  • Bagikan
Wabup Padangpariaman menyerahkan dokumen bukti hibah untuk program TMMD ke-110 kepada Dandim 0308 Pariaman. Seperti diketahui Pemkab Padangpariaman memberikan hibah Rp 1 miliar untuk TMMD ke-110. (Foto: Humas)

Padangpariaman | Datiak.com – Pemkab Padangpariaman sangat mendukung pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110. Buktinya, dari APBD Padangpariaman dialokasikan dana Rp 1 miliar untuk TMMD. Hal itu diungkapkan Dandim 0308 Pariaman, Letkol Czi Titan Jatmiko.

Saat pembukaan TMMD ke-110 di Hall Kantor Bupati Padangpariaman, Selasa (2/3), Letkol Czi Titan melaporkan, selain hibah Rp 1 miliar untuk TMMD dari APBD, bantuan juga diberi oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumatera Barat.

“Kita sangat berterima kasih atas dukungan anggaran untuk program TMMD yang dilaksanakan mulai hari ini hingga 31 Maret 2021,” ujar Letkol Czi Titan.

Menyikapi itu, Wakil Bupati Padangpariaman, Rahmang, mengatakan bahwa Pemkab Padangpariaman yang seharusnya berterima kasih banyak kepada TNI. Khususnya Kodim 0308 Pariaman yang mengomandoi program TMMD ke-110 di Padangpariaman.

BACA JUGA:  Sanksi Perda AKB Sumbar Dipastikan Tidak Pandang Bulu

“Ini juga kewajiban kita, karena TMMD manfaatnya sangat besar dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. Khususnya di wilayah sasaran program. Yakni di Nagari Salibutan, Kecamatan Lubukalung,” hemat mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padangpariaman tersebut.

Menurut Rahmang, TMMD mampu mempermudah masyarakat yang tinggal di korong-korong terpencil. Bahkan, masyarakat yang tergolong terisolir karena masih sulitnya akses. Selain itu, juga mampu melakukan pembinaan atau pemberdayaan di masyarakat. 

“Nagari-nagari kita yang menjadi sasaran program TMMD di tahun-tahun sebelumnya, sekarang sudah sangat baik perkembangan perekonomiannya,” hemat Rahmang.

“Hal itu lantaran akses masyarakat sudah lancar untuk mengangkut hasil pertanian keluar dari korongnya. Jarak tempuh masyarakat di korong terpencil pun lebih dekat ke pusat perdagangan,” imbuh Rahmang.

BACA JUGA:  Sanksi ASN Pemprov Sumbar Pelanggar Protokol Kesehatan Diperberat
Ragam Kegiatan

Dalam TMMD ini, Rahmang menjelaskan banyak kegiatan yang dilaksanakan. Khusus kegiatan fisik saja terdapat pembukaan hingga pengerasan jalan sepanjang 2.500 meter, pemasangan gorong-gorong 80 cm di tiga titik, pembuatan mortal atau saluran sepanjang 80 meter, pembuatan jembatan plat 1×1,5 x 7 meter, pembuatan jembatan plat 6x4x2m pada dua titik, pemasangan pondasi kiri dan kanan sepanjang 26 meter, dan rabat beton sepanjang 50 meter.

“Lalu juga ada rehap musala dan tempat wudu, rehap empat unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pembuatan lapangan bola, pembuatan pos ronda dan pembuatan tugu TMMD,” jabar Rahmang.

Tidak saja kegiatan fisik, pemberdayaan masyarakat juga dilakukan. Contohnya pembinaan mental dan wawasan kebangsaan, pembinaan generasi muda, mencegah berkembangnya paham radikal dan separatis.

BACA JUGA:  Kinerja Keuangan Padangpariaman Bergelimang Prestasi

“Selain itu ada sejumlah sosialisasi. Di antaranya menyangkut kesehatan dan narkoba, hukum dan perundang-undangan, keluarga berencana, kerukunan umat beragama, mitigasi bencana, pertanian, perkebunan, kesehatan hewan, dan perikanan,” rincinya.

Untuk itu, Rahmang berharap program TMMD ke-110 di Padangpariaman berjalan lancar dan sukses. Sehingga, pengerjaan yang dilakukan jajaran Kodim 0308 Pariaman beserta masyarakat, pemerintah nagari, kecamatan, serta stakeholder terkait di Pemkab Padangpariaman, segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. (da.)

  • Bagikan