Pemkab dan DPRD Solsel Kompak Gali Bakat Seni Generasi Mudanya

  • Bagikan
Plt Bupati Solsel Abdul Rahman (tengah) bersama Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda (kanan), membentuk MoU dengan Rektor ISI Padangpanjang (kiri) untuk menggali potensi SDM berbakat seni di daerahnya. (Foto: Humas)

Solok Selatan | Datiak.com – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan berkomitmen menggali SDM berbakat seni di daerahnya. Sebab, bakat seni budaya diyakini bisa menggenjot sektor pariwisata di sana. Untuk mewujudkan itu, Pemkab Solsel bekerja sama dengan ISI Padangpanjang. 

”Daerah kami memiliki banyak generasi berbakat seni. Namun bakat mereka masih terpendam atau belum tergali secara profesional,” Plt Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kondisi itu bisa diatasi dengan cara bekerja sama dengan ISI Padangpanjang. Jadi, nantinya SDM berbakat seni di Solsel bisa dibina di sana.

“Seni budaya sangatlah penting. Sebab sangat erat kaitannya dengan ekonomi kreatif, pariwisata, termasuk dunia pendidikan,” hematnya.

BACA JUGA:  Gaet Dana Rp 3,5 Miliar untuk Benahi Pemukiman Kumuh

Sebagai bukti keseriusan, imbuh Abdul, Pemkab dan DPRD Solsel bersepakat mendukung penggalian potensi SDM berbakat seni di Solsel, dengan cara mengalokasikan kebutuhan program kerja sama itu di APBD 2021. 

“Kami optimis kerja sama ini akan berdampak positif dan berhasil menggali bakat seni pada SDM di daerah kami,” ucapnya.

Terlepas dari itu, secara internal, melalui Dinas Pendidikan Solsel pihaknya juga memaksimalkan pembinaan guru dan siswa di bidang seni budaya.

“Intinya, kami akan berusaha keras agar Solsel menjadi pilot projek kawasan seni budaya berkembang,” pungkasnya.

Rektor ISI Padangpanjang Novesar Jamarun membenarkan bahwa peningkatan SDM salah satu cara terbaik dalam menggali bakat seni generasi muda Solsel. Dengan begitu, akan terbangun kultur dan seni profesional.

BACA JUGA:  Penghapusan Denda Pajak Capai Rp 1,65 Miliar

”Hal yang paling penting itu kita harus menciptakan desa binaan seni yang utuh,” hematnya.

Terpisah, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda menilai sudah ada titik terang pengembangan bakat seni di Solsel. Sebab, pihaknya menargetkan bisa bekerja sama dengan 10 universitas dalam pengembangan bakat seni segenasi muda Solsel nantinya. (da.)

  • Bagikan