Kamis, 22 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Pembangunan Gedung DPRD Padang Telan Dana Rp 117 M

Alat berat yang sedang melakukan cleaning lahan untuk lokasi pembangunan gedung DPRD Padang. (Foto: Pemko Padang)
346 pembaca

Padang | Datiak.comGroundbreaking pembangunan gedung DPRD Padang dilaksanakan, Kamis (3/2). Gedung yang didirikan di Kompleks Perkantoran Balaikota Padang tersebut, bakal menelan anggaran sebesar Rp 117 miliar lebih.

Ketua DPRD Padang Syafrial Kani mengatakan, dengan adanya gedung yang representatif ini nantinya akan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat Kota Padang. “Semoga kami bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kota Padang,” harapnya.

Ia menjelaskan, pembangu pembangunan gedung DPRD ini sudah lama direncanakan yakni sejak 8 tahun yang lalu. “Perjalanan pembangunan gedung DPRD ini cukup panjang. Perencanaan pembangunannya sudah kita mulai sejak 8 tahun yang lalu. Dan baru di tahun anggaran 2021, disepakati pembangunan gedung DPRD Padang tersebut. Kita terlambat membangun demi untuk kepentingan masyarakat Kota Padang,” jelasnya.

Gedung DPRD Padang ini akan dibangun tiga lantai dengan konstruksi tahan gempa. “Kami berharap pembangunan gedung DPRD Padang ini bisa berjalan lancar. Kalau bisa setahun ke depan, gedung ini selesai dibangun dan tidak harus menunggu kontrak multiyearsnya,” harap Syafrial.

Sedangkan Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, juga berharap pembangunan kantor DPRD Kota Padang tersebut berjalan lancar. Sehingga, setelah selesai nantinya dapat digunakan sesuai fungsinya secara tepat dan optimal.

“Dengan menempati kantor atau gedung yang lebih representatif, tentu harus sejalan dengan kinerja yang lebih bagus pula. Karena selaku wakil rakyat para anggota DPRD Kota Padang harus mampu menjawab semua aspirasi masyarakat secara maksimal di kota ini,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Padang Hendri Septa mengaku sangat senang dengan pembangunan gedung DPRD Padang. “Karena sudah menjadi impian sejak lama. Namun, karena situasi dan kondisi maka pembangunannya agak sedikit tersendat,” sebut Hendri.

Wako melanjutkan pemindahan kantor DPRD Kota Padang tersebut juga sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 Tahun 2011. “Kita terus berupaya memaksimalkan kawasan Aiepacah ini sebagai pusat pemerintahan. Alhamdulillah, hari ini terwujud dengan pemindahan kantor DPRD Kota Padang yang sebelumnya berada di Jalan Sawahan ke kawasan ini. Semoga ke depan kita dapat membangun kantor-kantor lainnya di sini, sehingga memudahkan kita dalam melayani masyarakat,” harap wako.

Terpisah, Kepala Dinas PUPR Kota Padang Tri Hadiyanto mengatakan, pembangunan gedung DPRD Padang tersebut, menelan anggaran sebesar Rp 117 miliar lebih. Dibangun oleh PT Nindya Karya selama 750 hari kalender atau 25 bulan.

Acara groundbreaking tersebut, selain dihadiri Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, juga hadir anggota DPR RI Muhammad Asli Chaidir, Lisda Hendrajoni. Kemudian Rektor UIN Imam Bonjol, Martin Kustati, Kepala Kemenag Sumbar, Helmi, unsur Forkopimda, Pj Sekko Fitriati, para kepala OPD dan para tamu undangan lainnya. (da.)


Baca berita Padang hari ini di Datiak.com.

Avatar photo