Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Pelamar CPNS di Limapuluh Kota Banyak yang Gugur

Peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Tahun ini, seleksi CPNS di Kabupaten Limapuluh Kota, di tahap administrasi sudah guguh sebanyak 1.904 orang pelamar. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)
255 pembaca

Limapuluh Kota | Datiak.com – Pelamar CPNS di Limapuluh Kota sudah banyak yang gugur di tahap seleksi administrasi. Jumlah tepatnya sebanyak 1.904 orang pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Mereka tereliminasi dari seleksi yang berlangsung secara maraton ini.

“Dari 15.998 pelamar CPNS di Limapuluh Kota, sebanyak 14.094 orang dinyatakan lulus seleksi administrasi. Sedangkan 1.904 orang tidak lulus dalam seleksi administrasi,” ujar Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo, Rabu (4/8/2021).



Sementara, untuk pelamar Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non Guru, dari 36 orang pelamar, sebanyak 23 lulus seleksi administrasi dan 13 orang dinyatakan tak lulus,” imbuh Safaruddin.

Sedangkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Limapuluh Kota, Aneta Budi Putra, menjelaskan bahwa pelamar CPNS di Limapuluh Kota yang dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi, panitia membuka kesempatan untuk melakukan sanggahan. Penyampaian sanggahan ini dibuka mulai 4 sampai 6 Agustus 2021.

“Jika pelamar yang tidak lulus seleksi administrasi atau merasa keberatan dengan keputusan panitia seleksi, silahkan mengajukan sanggahan melalui akun pendaftaran masing-masing. Sebab, proses seleksi ini memang transparan atau terbuka sekali. Panitia menyiapkan ruang buat pelamar menyampaikan sanggahan mulai dari 4 sampai 6 Agustus 2021,” kata Budi.

Dia menegaskan, sanggahan yang diakomodir panitia, hanya terkait dengan kesalahan pemeriksaan yang dilakukan oleh Panitia Seleksi Penerimaan CPNS/CASN Kabupaten Limapuluh Kota. Saat mengajukan sanggahan ini, pelamar tidak diperkenankan untuk memperbaharui, melengkapi, atau memperbaiki dokumen yang telah dikirim kepada panitia.

“Bila pelamar menyampaikan sanggahan, maka jawaban terkait hasil sanggahan pelamar tersebut, akan langsung disampaikan atau diumumkan panitia melalui akun masingmasing pelamar. Pada laman website http://sscasn.bkn.go.id pada tanggal 4 Agustus sampai 13 Agustus 2021,” tukuk Budi.




Pelamar CPNS di Limapuluh Kota yang Lulus Administrasi

Sedangkan bagi pelamar CPNS di Limapuluh Kota yang lulus seleksi administrasi, lanjut Budi, berhak untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Begitu pula bagi pelamar PPPK non Guru yang lulus seleksi administrasi, berhak untuk mengikuti Seleksi Kompetensi.

“Jadwal Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi ini, masih menunggu pengumuman dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Kalau sudah ada pemberitahuan dari BKN, akan kita umumkan pula melalui website BKPSDM Limapuluh Kota,” ucap Budi.

“Jadi, untuk pencetakan kartu ujian, jadwal ujian, dan lokasi ujian berikutnya, kita minta peserta yang lulus seleksi administrasi, dapat bersabar dulu,” tukasnya. (da.)


Temukan berita Limapuluh Kota hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

Avatar photo